The Fed Naikkan Suku Bunga, Waspadai Dolar Menguat Lagi

Mata uang dolar AS.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Nilai tukar mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) hari ini diproyeksi rawan terjadinya koreksi. Lantaran banyak sentimen negatif yang berisiko memberikan tekanan pada rupiah.

Rupiah Amblas ke Rp 16.270 per Dolar AS Pagi Ini

Analis PT Binaartha Sekuritas, Reza Priyambada, mengatakan hasil rapat The Fed diharapkan tidak berimbas pada pelemahan rupiah lantaran proyeksi dolar yang akan menguat.

"Penilaian kami belum berubah di mana perlu diwaspadai potensi kenaikan dolar setelah pertemuan The Fed. Kami harapkan keputusan FOMC (Federal Open Market Committe) tidak membuat volatilitas dolar AS melonjak yang," ujarnya di Jakarta, Kamis 16 Maret 2017.

Erick Imbau BUMN Beli Dolar AS Besar-besaran, Menko Perekonomian hingga Wamenkeu Bilang Gini 

Reza menjelaskan, pelaku pasar masih cenderung memegang dolar AS saat ini. Sehingga membuat laju dolar kembali meningkat lebih tinggi dibandingkan rupiah. 

Di sisi lain, saat ini pelaku pasar juga tengah menanti keputusan Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) yang akan akan diumumkan hari ini.

Rupiah Mulai Menguat ke Level Rp 16.172 per Dolar AS

"Diperkirakan rupiah akan bergerak dikisaran Rp13.382 hingga Rp13.339," lanjut Reza.

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia, rupiah melemah 15 poin menjadi Rp13.375 per dolar AS pada perdagangan kemarin. Pada hari sebelumnya, Selasa 14 Maret, kursnya senilai Rp13.360 per dolar AS. (ren)

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Dian Ediana Rae.

Hasil Uji Ketahanan OJK: Perbankan Masih Bisa Mitigasi Pelemahan Rupiah

OJK menilai bahwa risiko yang dihadapi industri perbankan nasional akibat penguatan dolar Amerika Serikat (AS) beberapa waktu ini masih dapat dimitigasi dengan baik.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024