Danau Toba Diincar Investor Singapura

Wisata Danau Toba.
Sumber :
  • al amin/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Dengan banyaknya lahan investasi, terutama di sektor pariwisata, sudah banyak investor, baik lokal maupun asing yang berminat untuk menanamkan investasinya di Indonesia. Bahkan, Bank Dunia pun bersedia untuk menggelontorkan sejumlah dana bagi Pemerintah Indonesia, dalam upaya untuk mengembangkan sektor pariwisata tersebut.

Kegep! Ada Cuplikan Sawah Bali dalam Video Promosi Pariwisata Filipina

"Pinjaman World Bank sebenarnya sudah beres, tinggal sekarang mungkin yang penting itu mengundang mitra investor, baik lokal maupun asing," kata Ketua Tim Percepatan Pembangunan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas Kementerian Pariwisata, Hiramsyah Sambudhy Thaib di Kantor Kemenko Maritim, Jakarta, Kamis 16 Maret 2017.

Hiramsyah menjelaskan, ada sejumlah kawasan pariwisata yang menjadi fokus bagi pemerintah, untuk ditawarkan kepada pihak swasta.

Investor Ingin Bangun Kasino di Danau Toba, Badan Otorita Pikir-pikir

Seperti misalnya Mandalika di Nusa Tenggara Barat dan Danau Toba di Sumatera Barat. "Mandalika malah sudah jalan, sudah ada lima hotel baru yang dibangun di sana. Diharapkan, tahun ini sudah bisa groundbreaking," ujarnya.

Selain Bank Dunia, Hiramsyah juga mengaku jika sejumlah negara seperti Singapura juga telah menunjukkan minatnya untuk berinvestasi di Indonesia. Bahkan, ia mengaku ada investor asal Singapura, yang akan mendatangi Indonesia dalam beberapa pekan mendatang.

Sandiaga Uno Ternyata Melow, Nangis Waktu Nonton Film Ini

"Jadi, yang paling mudah kita undang adalah negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Australia, dan China. Pak Menteri kemarin, menerima kunjungan dubes Singapura, mereka menyatakan minat, dan dua minggu lagi rencananya akan ada semacam conference antara kita dengan potensial investor dari Singapura," ujarnya.

Hiramsyah menjelaskan, sektor yang menjadi unggulan bagi Indonesia untuk ditawarkan ke Singapura adalah Danau Toba, karena daerah ini memiliki kedekatan posisi secara geografis.

"Rencananya di (Bandara) Silangit April ini diperpanjang runway 2.600 meter, dan diharapkan di akhir tahun sudah bisa berstatus sebagai bandara internasional. Sehingga, penerbangan langsung dari Singapura ke Silangit. Makanya dia minat," kata ujanya.

Dia berharap, nilai investasi pada sektor pariwisata dapat terus meningkat, terutama pada 10 destinasi prioritas yang memiliki keindahan alam dan dapat menarik minat investor, termasuk Danau Toba.

"Toba itu kan pegunungan, danaunya, budayanya, indah sekali. Itu yang memang dibutuhkan orang dari Singapura, atau yang wisata ke Singapura dan ingin sesuatu yang beda. Singapura kan kontribusi wismannya cukup besar juga. Bukan hanya orang Singapuranya, tetapi juga profesional yang tinggal di Singapura kan banyak sekali," tuturnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya