Bisnis Ini Cocok untuk Calon Pensiunan

Anda bisa merencanakan agar Anda pensiun dengan tenang.
Sumber :

VIVA.co.id – Ketika memasuki masa pensiun, bukan berarti tidak bisa lagi menghasilkan uang. Anda masih dapat berkreasi, dengan menggunakan pengalaman dan keahlian untuk berbisnis.  

Sri Mulyani Bertemu Presiden ADB Bahas Transisi Energi hingga Pensiun Dini PLTU

Bisa memilih bisnis yang sesuai dengan keterampilan dan karakter Anda yang tentu saja tidak memberatkan. Anda pun masih memiliki waktu menikmati masa pensiun dengan bersenang-senang atau bermain dengan keluarga tercinta. Berikut ini enam peluang bisnis yang mungkin cocok bagi Anda, dikutip dari Halomoney.co.id:
 
1. Bisnis rumah indekos atau kontrakan

Tempat tinggal merupakan kebutuhan primer banyak orang, sehingga bisnis di bidang properti sangat prospektif. Sebelum pensiun, cobalah mencari lokasi untuk dibangun rumah indekos atau kontrakan. 

PLTU Cirebon-1 Pensiun Mulai Tahun Ini, Didanai JETP dan ADB

Bagi yang memiliki tanah, manfaatkan saja untuk membangun indekos atau rumah kontrakan. Upaya ini akan lebih diuntungkan jika lokasi tersebut strategis, seperti dekat kampus atau perkantoran.

Harga properti selalu naik, jadi tidak akan rugi berinvestasi rumah indekos atau kontrakan. Lagipula, menjalankan bisnis jenis ini sangat santai karena bisa melakukannya dari rumah.  

Menteri ESDM: 1 PLTU Bakal Pensiun Dini di 2023, Didanai JETP

2. Dosen atau guru les

Menjadi dosen merupakan salah satu pilihan terbaik bagi pensiunan karena jamnya yang fleksibel. Selain itu, Anda tetap mengingat pengetahuan yang sudah didapat dengan susah payah. Bisa juga melamar untuk menjadi dosen terbang atau dosen tamu di sebuah universitas.

Selain menjadi dosen, menjadi guru les juga bisa menjadi pilihan lain, karena sama-saa memiliki jam kerja yang juga sangat fleksibel. Bisa mengajar mata pelajaran di sekolah, mengajar alat musik, sepak bola atau keahlian yang Anda kuasai lainnya.  

3. Penyewaan mobil

Selain properti, bisnis sewa mobil ini juga dapat dilakukan dengan santai oleh para pensiunan atau calon pensiunan karena bisa dikerjakan di rumah. Bisnis sewa mobil memiliki prospek yang menjanjikan karena sarana transportasi sudah menjadi kebutuhan penting masyarakat saat ini.

Penyewaan mobil tak perlu modal besar karena hanya dengan memiliki dua mobil, sudah bisa jalan dengan bisnis itu. Untuk memulainya, bisa menyewakan mobil pribadi atau membeli mobil bekas dengan kapasitas besar, seperti mobil jenis multi purpose vehicle (MPV).  
 
4. Bisnis kuliner atau makanan

Jika memiliki kemampuan dan menyukai kuliner, usaha ini bisa menjadi pilihan utama ketika sudah memasuki masa pensiun. Jika ingin tetap berada di rumah dan selalu berkumpul bersama keluarga, bisa membuka usaha katering atau bisnis makanan lain. Namun, jika ingin bisnis kuliner dengan skala lebih besar dari itu, bisa membuka tempat makan atau restoran.  

Apabila berbisnis kuliner, Anda mesti mengontrol kualitas dan rasa makanan agar pelanggan puas serta loyal dengan makanan yang dijual. Rasa yang tetap terjaga dan berkualitas seiring waktu akan terus memperbanyak pelanggan dan menjadi viral dari mulut antarpelanggan. (art) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya