Bank Dunia Sebut Naiknya Tarif Listrik Dorong Inflasi Tinggi

Kantor Bank Dunia
Sumber :
  • diverseeducation.com

VIVA.co.id  – Bank Dunia memproyeksikan laju inflasi pada tahun ini, bisa berada di atas empat persen, atau di atas target yang ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2017, dan kisaran Bank Indonesia di angka empat plus minus satu persen.

Beli Properti Bisa untuk Rumah Tinggal Sekaligus Investasi Jangka Panjang

Direktur Bank Dunia Rodrigo Chaves menilai, kenaikan laju Indeks Harga Konsumen pada tahun ini, imbas dari kenaikan tarif dasar listrik dan administrasi kendaraan bermotor. demikian, kenaikan inflasi tidak akan terjadi hingga 2018 mendatang.

"Inflasi, kami perkirakan melonjak menjadi 4,3 persen pada tahun 2017," jelas Chaves di Jakarta, Rabu 22 Maret 2017.

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi

Chaves menjelaskan, peningkatan laju inflasi yang berkepanjangan karena harga yang diatur oleh pemerintah ( administered prices ), mungkin berisiko bagi pertumbuhan konsumsi, meskipun kondisi nilai tukar rupiah terhadap sejumlah mata uang bergerak stabil. 

"Konsumen umumnya sensitif terhadap kenaikan harga, terutama harga makanan. Konsumsi rumah tangga merupakan bagian dari dominan," katanya.

BI Wanti-wanti Kenaikan Inflasi di Periode Ramadhan dan Idul FItri 

Selain laju IHK, Bank Dunia memproyeksikan defisit fiskal tahun ini akan memperbesar angka 2,6 persen terhadap produk domestik bruto. Pemerintah dalam kas keuangan negara, mematok angka defisit sebesar Rp330,2 triliun, atau 2,41 persen terhadap PDB.

Chaves menegaskan, gelontoran belanja pemerintah yang ditujukan untuk pembangunan infrastruktur diharapkan mampu diharapkan dengan pertumbuhan pendapatan. Sebab, penerimaan yang rendah, akan membatasi pembatasan fiskal dan infrastruktur infrastruktur yang dibutuhkan.

Forbes telah mengeluarkan daftar 10 orang terkaya di Indonesia pada 2017 ini. Siapa saja orang paling tajir di Tanah Air? Lihat video di VIVAgrafis .

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya