Ini Bedanya VISA dan MasterCard

Kartu kredit.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Anda mungkin sering mendengar nama Visa International Services Association, atau VISA dan MasterCard. Bagi pemilik kartu kredit maupun kartu debit, hal ini pasti tidak asing di telinga Anda. Sebab, keduanya ada di alat pembayaran tersebut dan merupakan jaringan kartu kredit terbesar di dunia. 

Katanya Begini Rahasia Orang Kaya Kelola Uang

Keduanya memiliki jaringan yang tersebar di ribuan kota dan ratusan negara di dunia. Meski demikian, banyak yang tidak mengetahui apa perbedaan antara keduanya. Nah, agar pengetahuan finansial Anda bertambah, yuk pelajari perbedaan dua provider kartu kredit seperti yang dikutip dari CekAja.com, pada Rabu 22 Maret 2017, berikut ini:

1. VISA unggul di Asia Pasifik, Mastercard kuasai AS dan Eropa

Instrumen Investasi Syariah yang Aman Bagi Muslim

Meski keduanya sering disebut sebagai penguasa jaringan kartu kredit dunia, nyatanya VISA dan Mastercard memiliki daerah kekuasaannya masing-masing. Maksudnya, di regional tertentu, kedua kartu kredit ini memiliki keunggulan yang sulit ditembus kompetitornya. Jaringan VISA disebut-sebut unggul untuk kawasan Asia Pasifik, sedangkan Mastercard menguasai Amerika Serikat dan Eropa.

2. Tipe kartu kredit

Kegiatan Ekonomi yang Ternyata Dilarang dalam Islam

Ditilik dari segi tipe kartu kredit, keduanya juga memiliki perbedaan. VISA, perusahaan yang lahir pada 1955 dan bermarkas di Foster City, California, Amerika, memiliki tipe kartu kredit silver, gold, dan platinum

Sedangkan MasterCard yang berdiri 11 tahun, setelah VISA memiliki tiga tipe kartu kredit, yakni silver, gold, dan platinum. Lantas, perbedaannya ada di mana? Bedanya ada pada tawaran promo dan keuntungan yang masing-masing berbeda antara satu provider dan provider lainnya. 

Contohnya, VISA yang memiliki kartu kredit eksklusif Visa Signature. Kartu kredit khusus pebisnis ini memiliki limit yang cukup besar, yakni di atas Rp100 juta. Belum lagi, keuntungan lainnya seperti airport lounge, travel assist, keanggotaan klub golf, dan special travel

Sementara itu, MasterCard memiliki World Mastercard, di mana pemegang kartu kredit ini minimal harus menggunakan Rp75 juta dari limit yang ada dalam setahun masa transaksi. Hebatnya, kartu kredit ini memiliki jaringan lebih banyak dua kali lipat di berbagai negara tertentu.

3. Keamanan nasabah

Perbedaan selanjutnya ada pada fitur keamanan nasabah, saat bertransaksi. Hal ini sangat penting, mengingat kejahatan pembobolan kartu kredit semakin canggih dan kian marak. Untuk itu, memiliki kartu kredit yang aman adalah keharusan. VISA menawarkan sistem perlindungan berupa pin statis, atau One Time Password (OTP) ke dalam jendela verified VISA.

Sementara itu, MasterCard memberikan perlindungan berupa secure code. Bantuk secure code ini berupa pin tambahan yang wajib dimasukkan pengguna, saat melakukan transaksi online.

4. Biaya transaksi

Perbedaan terakhir menjadi concern banyak orang, yakni biaya transaksi. VISA maupun MasterCard memberlakukan biaya tambahan, saat transaksi di luar negeri. Misalnya, jika Anda bertransaksi di luar negeri menggunakan VISA, maka tambahan biaya yang harus dibayarkan adalah satu persen dari total transaksi.

Sedangkan MasterCard, mematok biaya yang berbeda-beda yang berkisar antara 0,2 persen hingga satu persen tergantung merchant-nya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya