Cara Hemat Belanja Bulanan

Ilustrasi belanja bulanan
Sumber :
  • ANTARA//Adeng Bustomi

VIVA.co.id – Ibu rumah tangga, sering disebut juga menteri keuangan keluarga. Sebab, seorang istri, acap kali didapuk menjadi pengelola anggaran rumah tangga supaya kebutuhan keluarga bisa terpelihara dan sejahtera dengan pendapatan yang dihasilkan.

Ingin Daftar Asuransi Syariah, Pahami Dulu 5 Hal ini

Kendati tugas serupa juga bisa saja dijalankan oleh seorang kepala rumah tangga, kebanyakan rumah di Indonesia, menyerahkan pengelolaan anggaran keluarga pada sosok istri, atau ibu. Tidak heran, bila seorang istri banyak dituntut, agar mampu mengelola anggaran keluarga dengan baik.

Salah satu kemampuan penting yang harus dikuasai oleh seorang ibu rumah tangga yang berperan layaknya manajer keuangan keluarga adalah memaksimalkan penggunaan anggaran yang tersedia sebesar-besarnya untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Bocoran Itung-itungan KPR yang Belum Banyak Orang Tahu

Strategi berhemat dalam membelanjakan anggaran pun perlu dikuasai.  Berikut, beberapa tip dan trik penting belanja hemat dari Halomoney.co.id yang bisa diterapkan:

1. Susun perencanaan anggaran

5 Persiapan Pasangan Muda Kalau Ingin Punya Rumah Sendiri

Menyusun perencanaan anggaran akan membantu mengelola keuangan keluarga dengan optimal. Biasakan mencatat nilai pendapatan dan pengeluaran yang terjadi. Lebih tepat lagi, bila semua rencana pendapatan dan pengeluaran telah disusun sebelum menerima gaji bulanan. Alokasi anggaran sesuai peruntukkan dan berusahalah disiplin menjalankannya.  

2. Belanja dengan membawa daftar 

Belanja terlalu sering dan impulsif hanya akan membuat pengeluaran mudah bocor dan boros. Biasakan menjadwalkan acara belanja untuk kebutuhan keluarga maupun pribadi secara terencana. Misalnya, belanja bulanan setiap satu bulan sekali. Belanja kebutuhan bahan makanan yang segar sepekan sekali. Lalu, belanja kebutuhan sandang atau fesyen cukup dua bulan sekali.

3. Manfaatkan promo mingguan

Setiap Jumat jelang akhir pekan, kebanyakan supermarket, atau hypermarket menggelar promo yang bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. Barang yang biasa dipromosikan juga sebagian besar berupa barang kebutuhan rutin rumahtangga mulai dari minyak goreng, gula, sampai sabun, dan shampoo.

4. Selalu survei harga sebelum belanja

Survei harga barang yang hendak  dibeli minimal di tiga toko berbeda sebelum mengeksekusi pembelian. Manfaatkan internet untuk meriset harga barang yang hendak Anda beli untuk mendapatkan tawaran terbaik.

5. Optimalkan pemakaian kartu kredit

Beberapa produk kartu kredit banyak memberikan promo menarik bagi mereka yang sering berbelanja kebutuhan keluarga secara rutin. Promo bisa berupa diskon harga, voucher sampai berupa poin rewards. Optimalkan kartu kredit yang dimiliki untuk membantu menghemat belanja rumah tangga. Selamat berhemat, ya, mom! (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya