Cara Pilih Tempat Hoki untuk Buka Usaha

Bisnis di tengah persaingan.
Sumber :

VIVA.co.id – Lokasi adalah hal terpenting yang harus diperhatikan ketika ingin memulai usaha. Lokasi adalah salah satu faktor yang dapat dijadikan sebagai tolak ukur keberhasilan usaha yang Anda tekuni di kemudian hari. 

Sempat Diremehkan, Michella Ham Bagi Tips Sukses Bangun Bisnis di Usia 23 Tahun

Lokasi yang strategis adalah incaran bagi semua pengusaha. Faktanya kegiatan pemasaran akan lebih mudah dilakukan jika lokasinya strategis. Semakin strategis maka tingkat penjualannya juga akan lebih banyak. Sehingga keuntungan yang didapatkan akan semakin banyak.

Namun kita semua tahu, untuk mendapatkan lokasi usaha yang strategis bukanlah hal yang mudah. Keterbatasan modal yang dimiliki juga kerap kali menjadi kendala yang terkadang menghambat kegiatan usaha.

5 Tips Bisnis, Memulai Usaha Rumahan Modal Kecil di 2023

Sebelum memulai usaha, sebaiknya Anda lebih dahulu memilih tempat usaha yang tepat agar kegiatan pemasaran produk semakin mudah dilakukan. Carilah berbagai macam informasi tentang lokasi terbaik untuk memulai usaha di internet. 

Setelah mendapatkannya, Anda bisa langsung mengadakan riset langsung ke lapangan untuk melihat kondisi yang sebenarnya. Nah, sebelum memutuskan untuk menyewa atau membeli lokasi tersebut, Anda harus menentukan usaha seperti apa yang hendak dijalankan. 

Kiat CEO Ternama Bangkit dari Keterpurukan

Apakah itu kuliner, properti, salon, jasa travel, atau bahkan butik. Berikut adalah berbagai cara untuk memilih lokasi usaha yang tepat. Berikut petunjuk mencari lokasi usaha ideal yang dirangkum Cermati.com.

1. Mudah terlihat

Jika lokasi usaha berada pada tempat yang strategis dan mudah terlihat, sudah dapat dipastikan bahwa usaha Anda akan mendapatkan perhatian dari masyarakat sekitar. Dengan demikian, penjualan produk yang terjadi juga akan semakin besar. 

Produk akan semakin cepat habis, dan tingkat perputaran produk yang terjadi juga lebih cepat. Jadi produk Anda tidak melulu sama di bulan ini dengan bulan berikutnya.

Selain itu, pemilihan lokasi yang strategis dan mudah terlihat juga bisa menekan promosi. Jadi Anda tidak perlu lagi sibuk melakukan promosi ke sana kemari dan menghabiskan banyak uang. Faktanya bisnis yang dijalankan sudah menarik perhatian. 

Apalagi jika bisnis tersebut adalah bisnis kuliner. Sepulangnya dari kerja, mungkin orang yang melintas akan menyempatkan waktunya sebentar untuk singgah ke tempat usaha Anda.

2. Kepadatan penduduk

Saat memilih lokasi, usahakanlah untuk memilih lokasi dengan tingkat kepadatan penduduk yang tinggi. Semakin banyak penduduk di suatu lokasi usaha, maka semakin tinggi pula tingkat peluang daya jual dan daya beli dari masyarakat. 

Kalau tidak percaya, Anda bisa mencoba untuk membuka usaha di tempat yang padat penduduk dan rendah penduduk. Lihat seberapa besar perbedaan penjualan produk yang terjadi diantara dua tempat yang berbeda tersebut.

3. Besarnya pendapatan masyarakat

Poin yang satu ini juga sangat berhubungan dengan daya beli masyarakat. Semakin besar pendapatan masyarakat pada suatu daerah, maka daya belinya juga akan semakin tinggi. Dan sebaliknya. Hal ini tentu saja berbanding lurus, karena penghasilan sangat memengaruhi tingkat konsumsi masyarakat.

Orang yang memiliki pendapatan yang besar umumnya juga memperhatikan kualitas dari produk yang ia beli. Jadi ia tidak akan keberatan jika harus membeli produk dengan harga yang lebih mahal asalkan kualitasnya sesuai dengan jumlah uang yang ia keluarkan. 

Hal ini tentu saja berbeda dengan masyarakat yang tinggal di daerah dengan pendapatan yang rendah. Umumnya mereka kurang memperhatikan kualitas. Mengapa? Karena yang terpenting bagi mereka adalah harga yang murah.

4. Biaya sewa

Lokasi usaha yang strategis biasanya memiliki harga sewa yang relatif tinggi. Bagaimana tidak, lokasi usaha yang strategis juga memiliki peluang yang sangat besar untuk mendapatkan keuntungan. 

Harga sewa yang tinggi tidak menjadi masalah jika nyatanya usaha yang dijalankan bisa maju. Hal ini jauh lebih baik ketimbang Anda menyewa tempat yang harganya murah dan letaknya berada di pedalaman. 

Peluang berkembangnya usaha pun akan lebih kecil atau hal terburuknya usaha Anda bisa gagal total.

5. Akses

Saat memilih lokasi usaha, sebisa mungkin pilihlah lokasi yang mudah diakses oleh konsumen. Jika memungkinkan, pilihlah lokasi yang banyak dilalui oleh transportasi umum. 

Hal ini berguna agar calon konsumen yang tidak memiliki kendaraan pribadi sekalipun bisa datang ke lokasi usaha Anda.

Membuka usaha kerap kali dijadikan pilihan untuk menambah penghasilan. Agar keuntungan yang dicapai lebih maksimal, usahakan untuk membuka usaha di daerah yang tingkat persaingannya rendah. Karena kesempatan konsumen untuk membeli produk Anda juga semakin besar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya