Menko Luhut: Perundingan dengan Freeport Rampung Pekan Depan

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Chandra G Asmara

VIVA.co.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan mengaku kalau perundingan antara pemerintah dengan PT Freeport Indonesia (PTFI), sudah hampir mencapai final.

Jokowi Kumpulkan Menteri Bahas Revisi PP Tambang hingga Perpanjangan Kontrak Freeport

"Tadi Pak Jonan (Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Ignasius Jonan) melaporkan perundingan sudah hampir final dengan Freeport. Jadi kita harap dalam minggu ke depan ini sudah selesai teknisnya," ujar Luhut, di Istana Negara, Jakarta, Kamis 20 April 2017.

Tidak dijelaskan lebih rinci, perundingan final apa yang dimaksud. Namun persoalan dengan PTFI saat ini adalah masalah divestasi saham 51 persen yang wajib dilepas oleh perusahaan tambang asal Amerika Serikat itu, dan perubahan dari kontrak karya menjadi izin usaha penambangan khusus atau IUPK.

Menteri ESDM Optimistis Smelter Freeport Beroperasi Juni 2024

Seperti diketahui, saat ini PTFI masih menggunakan IUPK sementara yang berlaku delapan bulan, dari 10 Februari sampai dengan 10 Oktober 2017. Tanpa IUPK ini, penambangan PTFI terhambat lantaran tidak bisa mengekspor konsentrat.

"Ya kalau bisa lebih cepat lebih bagus. Kan lebih cepat lebih baik," kata Luhut.

Kunjungi Smelter Freeport di Gresik, Menaker Tekankan Pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Gereja dan masjid

Viral Penampakan Masjid dan Gereja Berada di Kedalaman 1.760 Meter Perut Bumi

Masjid Baabul Munawwar satu ini menjadi salah satu sebuah masjid yang dibangun pada kedalaman 1.760 meter di bawah permukaan bumi di daerah pertambangan PT Freeport Papua

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024