Jokowi Cerita Pemerintah Berhasil Ambil Alih Aset-aset Asing

Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/IORA Summit 2017/Rosa Panggabean

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo menceritakan bahwa pemerintah berhasil mengambil alih sejumlah aset sumber daya alam Indonesia, yang dikuasai asing, kembali ke masyarakat sipil. Ia mencontohkan sejumlah aset tersebut diantaranya Blok Mahakam dan Tambang Emas Newmont.

ExxonMobil Pede Produk Ini Bisa Kurangi Biaya Pemeliharaan Alat Tambang

"Saya hanya ingin sedikit bercerita mengenai beberapa aset besar yang dulunya dimiliki, dikuasai oleh asing, misalnya Blok Mahakam, yang dulu dimiliki oleh Jepang, tahun lalu sudah 100 persen diambil pemerintah, dan diberikan kepada Pertamina," kata Jokowi dalam acara Peresmian Pembukaan Kongres Ekonomi Umat Tahun 2017 di Hotel Sahid, Jakarta, Sabtu 22 April 2017

Kedua, Jokowi menyebutkan tambang emas Newmont di Nusa Tenggara yang juga telah diambil alih pengusaha Indonesia. Sebelumnya, tambang ini dimiliki Australia.

Dari Indonesia untuk Dunia, MIND ID, Holding Industri Tambang Mainkan Peran Inti Hilirisasi

"Sudah dimiliki swasta kita, Arifin Panigoro. Pak Arifin bisa harus mengerti bahwa itu didukung oleh pemerintah. Ini patut kita syukuri," kata Jokowi.

Jokowi menyatakan ia telah hampir tiap minggu keluar masuk kampung. Sehingga ia sangat memahami apa yang sebenarnya diinginkan oleh ekonomi rakyat.

Selesaikan PUT 2, Bumi Resources Minerals Ekspansi Bisnis

"Baik oleh buruh, petani, petambak, nelayan kecil kita, agar mereka bisa mendapatkan ekonomi nasional ini dengan baik," kata Jokowi.

EV Mining Truck hasil kolaborasi strategis antara VKTR dan Yutong di Pameran Indonesia Mining Exhibition di JiExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Terobosan Baru, VKTR Hadirkan EV Mining Truck untuk Industri Pertambangan Ramah Lingkungan

PT VKTR Teknologi Mobilitas memperkenalkan EV Mining Truck atau truk listrik untuk industri pertambangan sebagai terobosan baru dalam Pameran Indonesia Mining Exhibition.

img_title
VIVA.co.id
14 September 2023