Usai Cetak Rekor Baru, Penguatan IHSG Berlanjut

Papan pergerakan indeks harga saham di Bursa Efek Indonesia.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA.co.id – Pergerakan indeks harga saham gabungan pada hari ini, Kamis 27 April 2017, diharapkan dapat melanjutkan penguatannya. Setelah perdagangan kemarin, ditutup menyentuh rekor baru. 

IHSG Dibuka Merah, Simak Rekomendasi Saham Awal Pekan Ini

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia, IHSG pada penutupan perdagangan Rabu kemarin, 26 April 2017, berhasil mencetak rekor baru dengan menguat 45 poin atau 0,8 persen menjadi 5.726.

Faktor-faktor penggerak menguatnya IHSG pada perdagangan kemarin, berasal dari sektor perdagangan dan keuangan yang naik lebih dari 1,5 persen. Sementara itu, sektor infrastruktur dan properti masih melemah.

Dolar AS Melemah, IHSG Diprediksi Menguat Terbatas

Analis PT Binaartha Sekuritas Reza Priyambada mengatakan, kenaikan ini terjadi di tengah sentimen positif yang beredar, baik dari dalam maupun luar.

"Tampaknya IHSG ingin menjawab tantangan kami, yang masih mempertanyakan kemampuannya untuk melanjutkan kenaikan dengan menyentuh rekor tertinggi terbarunya," ujarnya di Jakarta.

IHSG Dibuka Menghijau, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

Menurutnya, IHSG yang menguat cukup tinggi harus diperhatikan lebih lanjut oleh investor, khususnya menyorot sentimen yang ada untuk mewaspadai adanya pelemahan akibat aksi ambil untung.

"Meski kami berharap dan melihat masih adanya potensi kenaikan, namun jika sentimen yang ada tidak cukup positif bagi IHSG, posisi indeks akan sangat rapuh terjadinya pembalikan arah," tuturnya. (asp)

Ilustrasi papan saham IHSG.

IHSG Dibuka Melemah, Simak Rekomendasi Saham Akhir Pekan Ini

IHSG memiliki potensi untuk kembali mengalami tekanan karena saham-saham dari sektor pertambangan dan keuangan.

img_title
VIVA.co.id
5 Maret 2021