Jonan Ancam Cabut Kontrak Inpex di Blok Masela

Menteri ESDM Ignasius Jonan di Hotel Darmawangsa, Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA.co.id – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan meminta, Inpex Corporation segera menyelesaikan kajian Pre Front End Engineering Design atau Pre Feed Blok Masela. Ia mengaku telah hilang kesabaran lantaran kajian untuk pengembangan kapasitas kilang Liquefied Natural Gas blok Masela tersebut terlalu lama.

SKK Migas Sebut Rencana Pengembangan Blok Masela Sudah Disetujui Menteri ESDM

Jonan mengatakan, pemerintah sudah memberikan waktu yang cukup bagi kontraktor untuk melakukan kajian yang diminta guna memutuskan kapasitas kilang untuk produksi gas di Blok Masela.

"Kalau kelamaan Pre Feed, saya cabut (kontraknya), sampai saya hilang kesabaran, kalau kelamaan saya batalin," kata Jonan di Hotel Borobudur, Jakarta Rabu 3 Mei 2017. 

Pertamina dan Petronas Resmi Gantikan Shell di Blok Masela, Lapangan Gas Terbesar di RI

Seperti diketahui, lamanya proses kajian tersebut lantaran belum adanya kesepakatan antara pemerintah dan Inpex terkait skenario kapasitas produksi kilang di blok Masela. Ada dua pandangan yang berbeda terkait kapasitas kilang yang akan dibangun. 

Dari 10,5 MTPA (Million Ton Per Annum) kapasitas yang direncanakan, pemerintah ingin ada produksi gas pipa sebesar 474 mmscfd dan 7,5 MTPA untuk gas LNG. Sementara itu, pihak Inpex mengajukan untuk bisa melakukan produksi gas LNG sebesar 9,5 MTPA dan alokasi gas pipa sebesar 150 mmscfd. 

Menteri ESDM Ultimatum Blok Masela Harus Produksi Sesuai Target: Kalau Tidak, Kita Evaluasi

"Pre Feed-nya itu terserah Inpex, kalau kelamaan saya batalin, Ya, sampai saya enggak sabar. Sudah enam bulan saya di ESDM, enggak jalan-jalan," kata Jonan mengancam. (mus)

Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto bersama jajaran pejabat SKK Migas

Kelakar Bos SKK Migas soal Blok Masela: Namanya Abadi, Jadi Enggak Selesai-selesai

SKK Migas mengungkapkan sejumlah penyebab terhentinya proyek pengembangan Lapangan Migas Abadi Blok Masela, dalam beberapa tahun terakhir.

img_title
VIVA.co.id
12 Januari 2024