Tips Kerja Tim dengan Anak Buah yang Lebih Tua

ilusrasi pekerja.
Sumber :
  • damarque.com

VIVA.co.id – Bagi Anda yang berprestasi, bukan tidak mungkin jabatan di kantor cepat naik. Bahkan, kenaikannya bisa melebihi rekan kerja yang lebih senior. 

Kesetaraan Gender Dalam Pekerjaan Bisa Bikin Untung Perusahaan

Ketika hal itu terjadi, tantangan pun muncul. Apalagi kebanyakan orang dalam tim yang pimpin adalah senior di kantor Anda atau lebih tua. 

Rasa canggung mau tidak mau akan terjadi ketika Anda menginstruksikan sesuatu. Bahkan ada dalam beberapa kasus, hal itu menyebabkan gesekan di tempat kerja. 

Awas, Osteoarthritis Bisa Menyerang Pekerja Kantoran Berusia Muda

Dilansir dari Business Insider, Selasa 9 Mei 2015, Penasihat Kekayaan ddi Traust Sollus Wealth Management di New york, David Isaacs berpendapat hal tersebut bisa diatasi dengan beberapa cara. 

Kuncinya menurut dia, Anda harus bisa selangkah lebih maju dari mereka yang lebih tua, khususnya dalam hal komunikasi. Mereka mungkin menganggap Anda manja atau sombong karena usia lebih muda, tapi hal tersebut harus disikapi dengan bijak. 

Intip Bidang Pekerjaan Paling Cocok untuk Anda yang Baperan

"Rekomendasi saya adalah mencoba untuk lebih intensif dalam komunikasi dengan tim," ujarnya. Berikut ini adalah tip dari Isaacs jika Anda dalam situasi tersebut. 

1. Perbaiki komunikasi tim

Salah satu cara untuk meningkatkan pola komunikasi Anda adalah dengan mengikuti pelatihan. Jadi belajar berbicara satu sama lain dan menghargai sudut pandang masing-masing sangat berharga dalam mengurangi gesekan di tempat kerja. 

2. Perhatikan pendapat yang berbeda

Tidak ada yang sempurna. Isaacs mengatakan, selalu ada yang baru untuk kita pelajari dan selalu ada orang lain yang memikili pengalaman yang berbeda dan
 
3. Komunikasikan bagaimana mereka ingin dikelola

Tidak semua orang ingin dikelola dengan cara yang sama. Karena itu menurut dia, hal yang pertama yang harus ditanyakan saat memimpin tim adalah, dengan cara apa mereka ingin di kelola. 

Anda hanya perlu memfasilitasi pekerjaan mereka, dan tidak perlu mengatur mereka hingga hal-hal yang detail. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya