Biasa di Thailand, Kapal Pesiar Asing Kini Jajal Indonesia

Suatu kapal pesiar bersandar di Pulau Komodo.
Sumber :
  • Viva.co.id/Jo Mariono

VIVA.co.id – Wisata bahari Indonesia kini semakin dilirik wisatawan mancanegara, terlebih semenjak pemerintah mempermudah peraturan kapal pesiar asing  masuk ke Indonesia.

Sensasi Menelusuri Sungai-sungai Megah Eropa dengan Kapal Pesiar

Kali ini kapal Cruise Ship perusahaan Star Clipper mendatangkan salah satu kapalnya bernama Star Clipper. Mereka membawa turis ke Indonesia untuk berwisata bahari dari wilayah barat ke timur Indonesia yakni masuk dari Belitung Timur menuju Kepulauan Seribu, Jakarta, Madura, Labuhan Bajo lalu sampai di Wikelo NTT.

Ketua Bidang II Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari, Marsetyo menyebutkan Star Clipper merupakan kapal pesiar dengan tiang tinggi yang merapat pertama kali di Indonesia.

Selain Lebih Hemat, Ini Kelebihan Berpesiar Dibanding Traveling Darat

"Kalau untuk kapal cruise biasa sudah sering. Untuk kapal tiang tinggi, ini yang pertama kalinya, perusahaan ini memiliki armada kapal yang mengkhususkan kapal layar tiang tinggi (tall ships) berjumlah tiga kapal bernama Royal Clipper, Star Clipper dan Star Flyers," ujar Marsetyo saat ditemui VIVA.co.id, Kamis malam, 11 Mei 2017.

Marsetyo juga menyebut bahwa setiap berkunjung ke Indonesia, kapal pesiar bertiang tinggi ini membawa sedikitnya 170 wisatawan mancanegara dalam satu kali perjalanan. Rata-rata lama pelayaran selama tujuh hari.

Harga Makin Murah, Milenial Pilih Liburan di Kapal Pesiar

"Tahun ini Star Clipper akan melakukan perjalanan wisata di Indonesia sebanyak 20 paket trip dengan lama pelayaran rata-rata 7 hari dengan home port-nya di Bali, kapasitas penumpang maksimal 170 penumpang, ABK 72 orang dan sepertiganya dari Indonesia," tuturnya.

Star Clipper sebelumnya mengoperasikan kapalnya selama beberapa tahun di Thailand untuk menjelajah destinasi wisata Bahari di Asia Tenggara. Namun gencarnya publikasi dan daya tarik Indonesia membuat pihak perusahaan yang diwakili Direktur Operasi Mr Aleksander Beniek memutuskan beralih ke Indonesia sebagai uji coba.

ilustrasi musik jazz

Turis RI Nikmati Alunan Jazz Pertama Dunia di Tengah Lautan

Turis yang berpesiar dapat memilih ragam durasi perjalanan.

img_title
VIVA.co.id
7 Agustus 2019