H-10 Lebaran, Tol Semarang-Kendal Bisa Dilintasi Pemudik

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat meninjau proyek tol Semarang-Kendal.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto

VIVA.co.id – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memastikan ruas jalan tol Semarang-Kendal bisa digunakan saat arus mudik Lebaran 2017. Saat ini, pembangunan jalan masih terus dikebut agar aman dilalui kendaraan. 

Mulai Operasi, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Gratis Dua Pekan

Adapun ruas yang bisa digunakan saat arus mudik nanti berada di seksi V Semarang-Kaliwungu. Ruas itu dipastikan akan beroperasi fungsional untuk memecah kepadatan lalu lintas di wilayah Kecamatan Mangkang hingga Semarang. Kawasan ini biasanya menjadi titik kemacetan tiap arus mudik tiba.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, memantau langsung pengerjaan ruas jalan tol sepanjang tujuh kilometer tersebut. Ratusan pekerja tampak sibuk melakukan pengerukan tanah menggunakan sejumlah alat berat. Beberapa bidang jalan bahkan telah dilakukan betonisasi dan pembangunan jembatan. 

H-7 hingga H-1 Lebaran 2020, Cuma 465 Ribu Kendaraan Keluar Jakarta

Ganjar memastikan, tol Semarang-Kaliwungu dipastikan dibuka pada H-10 Lebaran. Hal itu bersamaan dengan dibukanya tol Brebes hingga Gringsing, Kabupaten Batang, yang juga akan digunakan fungsional. 

"Kalau untuk ruas Gringsing-Kaliwungu yang melewati Kendal belum bisa digunakan. Pemudik tetap diarahkan melewati jalan utama Pantura," kata Ganjar saat meninjau ruas tol Semarang-Kaliwungu, Selasa, 16 Mei 2017.

Mengintip Empat Ruas Tol yang Bakal Dijual Waskita pada 2020

Untuk jenis kendaraan yang diperbolehkan melintasi jalur tol baru ini adalah jenis kendaraan kecil. Sementara untuk kendaraan besar belum diperbolehkan mengingat medan yang masih fungsional.

"Karena ini ketebalan (beton hanya 10 sentimeter). Maka nanti mobil-mobil kecil yang diperbolehkan lewat sini, nanti juga kita lengkapi dengan penerangan dan rambu-rambu," tuturnya.

Pihaknya belum bisa memastikan apakah nanti pengguna jalan yang melewati jalur ini akan dipungut biaya atau tidak. Namun seperti pengalaman sebelumnya, jalan tol fungsional Lebaran digratiskan kepada para pemudik.

"Kalau gratis apa enggak itu urusan perusahaan saja. Saya pokoknya ini bisa jalan lebih cepat lebih baik makanya kita tinjau terus menerus," jelasnya. (one)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya