Masjid Unik Rancangan Ridwan Kamil di Rest Area Purbaleunyi

Masjid Al Safar di Rest Area Km 88 B Tol Purbaleunyi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bayu Nugraha

VIVA.co.id – PT Jasa Marga Tbk, meresmikan Masjid Al Safar yang terletak di Jalan Tol Purbaleunyi arah Jakarta, tepatnya di Rest Area, atau Tempat Istirahat Pelayanan KM 88 B yang dikelola perseroan, Jumat 19 Mei 2017.

Deretan Masjid Mewah di Singapura

Masjid Al Safar merupakan masjid terbesar di Rest Area se-Indonesia, dengan luas area mencapai 6.000 meter persegi, yang  mampu menampung kapasitas hingga 1.200 jemaah.

Arsitek Masjid Al Safar adalah Ridwan Kamil yang mengadaptasi bentuk topi adat (Iket Sunda) dengan desain bangunan asimetris. Masjid Al Safar juga  dilengkapi oleh fasilitas pendukung seperti toilet, tempat wudhu, taman dan kolam.

Salman Al Farizi, Masjid Taj Mahal Ala Malang yang Ngehits

Ridwan Kamil menuturkan bahwa ini adalah masjid ke-20 yang ia desain. Pria yang kerap disapa Kang Emil ini juga menuturkan bahwa masjid Al Safar ini layaknya sebuah permata.

"Masjid ini layaknya sebuah permata yang akan tetap bersinar pada malam hari. Namun, sebaik-baiknya masjid adalah masjid yang makmur oleh para jemaah," kata Wali Kota Bandung tersebut, Jumat.

Ngabuburit, Coba Kunjungi Masjid Segitiga di Tengah Jakarta

Suasana di dalam Masjid Al Safar Km 88 B Tol Purbaleunyi.

Suasana di dalam Masjid Al Safar Rest Area Km 88 B Tol Purbaleunyi.

Arsitektur yang unik dari Masjid Al Safar diharapkan menjadi ikon dari Rest Area Km 88 B Tol Purbaleunyi arah Jakarta, yang akan mengundang para pengguna jalan tol untuk memanfaatkan Rest Area Km 88 B sebagai pelepas lelah, di antara perjalanan Bandung-Jakarta yang mencerminkan arti dari Al Safar, yaitu perjalanan.

Direktur Utama Jasa Marga, Desi Arryani, yang meresmikan masjid Al Safar mengungkapkan, rasa syukur atas diresmikannya masjid terbesar di Rest Area se-Indonesia ini.

"Saya bersyukur, akhirnya masjid ini bisa diresmikan. Saya juga berharap, ke depannya masjid Al Safar akan tetap makmur dan barokah, mulai dari bulan Ramadan hingga seterusnya," katanya.

Tidak lupa, ia juga menjelaskan, rencana ke depan Jasa Marga terhadap Rest Area Km 88 B yang akan dikembangkan menjadi Rest Area yang ramai dan mendukung kelancaran di Jalan Tol.

Jasa Marga berkomitmen untuk terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada pengguna jalan melalui optimalisasi fasilitas di Rest Area yang dikelola oleh Jasa Marga. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya