Enam Tanda Anda Bekerja di Tempat yang Tepat

Ilustrasi bekerja di luar jam kantor.
Sumber :
  • VIVAnews/Amal Nur Ngazis

VIVA.co.id – Setiap orang memiliki pekerjaan impian yang suatu hari ingin dicapainya. Mungkin sebagian dari mereka tidak langsung bisa mencapai pekerjaan yang diinginkan. Mereka harus mencari pengalaman kerja dulu di perusahaan lainnya, sebelum akhirnya masuk ke perusahaan favorit mereka. 

Tips Jitu Agar Tak Keteteran Bila Punya Pekerjaan Sampingan

Mereka juga berpikir bahwa mendapatkan pekerjaan impian, berarti mereka sudah berada dalam pekerjaan yang tepat. Tidak akan ada lagi pemikiran untuk pindah kerja ke tempat yang lain, sekalipun gaji dan hal lainnya tidak terlalu maksimal.

Bekerja di tempat yang tepat dan sesuai keinginan akan membangun karier menjadi lebih baik lagi. Namun, wajar saja jika sebagian lagi masih merasa bingung apakah mereka sudah menemukan pekerjaan yang tepat atau belum. 

Delapan Pekerjaan yang Bakal Digantikan Robot di Masa Depan

Jika memang tidak tepat, apakah mereka harus resign dari pekerjaanya yang sekarang? Tidak usah berpikiran negatif seperti ini, jika memang kamu tepat dalam memilih pekerjaan saat ini, manfaatnya sudah bisa dirasakan saat ini juga.

Berikut enam tanda yang menunjukan bahwa anda berada di pekerjaan yang tepat seperti dikutip dari Cermati.com, Selasa 23 Mei 2017 :

Tak Banyak yang Tahu, Ini Saat Tepat untuk Punya Asuransi Jiwa

1. Yang dilakukan bermanfaat

Saat pekerjaan sudah tepat, kamu akan merasakan bahwa yang selama ini dilakukan memang bermanfaat untuk banyak orang. Bekerja memang untuk mendapatkan uang, namun tujuan utamanya adalah kamu merasa puas dengan apa yang dilakukan dalam pekerjaan ini dan hasil kerjanya juga maksimal. Jika begini, maka kamu sudah berada dalam pekerjaan yang tepat.

2. Termotivasi saat bangun pagi

Semangat bekerja akan muncul sendirinya karena kita benar-benar mencintai pekerjaan tersebut. Coba dicek, apa yang kamu rasakan saat pertama kali bangun pagi sebelum pergi ke kantor. 

Apakah merasa malas? Atau malah merasa sangat bersemangat dan termotivasi untuk segera pergi bekerja? Jika pilihan yang kedua yang dirasakan, maka kamu memang sudah berada di pekerjaan yang tepat.

3. Mencintai hari Senin

Para karyawan seringkali mengeluhkan, 'I hate Monday' dengan alasan hari Senin itu sangat buat malas, karena banyaknya tugas pekerjaan yang harus diselesaikan di kantor yang sudah menunggu. 

Hal ini berlaku sebaliknya, untuk orang yang malah mendapatkan pekerjaan yang tepat. Ia akan merasa bahwa hari Senin ini adalah hari yang sangat dinantikan, malah saat weekend tiba atau terlalu lama berlibur, kamu bisa stres.

4. Bertarung dengan waktu

Sebagian orang yang bekerja di pekerjaan yang kurang tepat untuknya, akan merasa bahwa setiap kali bekerja, mereka hanya melakukan pertarungan dengan waktu. Waktu selesai, saat jam pulang kantor adalah waktu yang mereka tunggu-tunggu.

Jika memang pekerjaan ini sudah tepat untukmu, kamu tidak akan merasa bertarung dengan waktu, malah merasa berapa lama pun harus bekerja, ini sudah menjadi tanggung jawab kamu sebagai seorang pekerja.

5. Bangga bercerita pekerjaan kepada orang lain

Karena kamu adalah orang yang mencintai pekerjaan, dan sudah menemukan pekerjaan yang tepat, kamu tidak akan segan untuk menceritakan soal pekerjaan ini kepada orang lain dengan bangga. Kamu akan memberikan cerita inspirasi kepada mereka. Hal ini lebih baik, dibandingkan kita hanya bergosip saja, membuang waktu.

6. Menikmati dan menghabiskan waktu dengan rekan kerja

Selain faktor internal di dalam kantor yang membuat kamu menemukan pekerjaan yang tepat dan menyenangkan, faktor eksternal seperti suasana kantor, rekan kerja dan atasan juga memiliki peranan penting yang dapat menentukan kamu memang sudah memilih pekerjaan yang tepat.

Dengan begitu, kamu tidak akan merasa keberatan untuk menghabiskan waktu bersama rekan kerja di kantor tanpa merasa terganggu. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya