Kebut Proyek Tol, Jalan Pantura Batang Besok Ditutup

Proyek jalan tol Batang-Semarang
Sumber :

VIVA.co.id – PT Jasa Marga Tbk terus mengebut pengerjaan proyek tol Batang-Semarang agar bisa digunakan saat arus mudik Lebaran nanti. Untuk mempercepat proyek tersebut, pelaksana proyek akan menutup jalur Pantai Utara Batang selama satu hari pada Kamis, 25 Mei 2017.

Kronologi Kecelakaan di Tol Semarang-Batang yang Tewaskan 7 Orang

Penutupan total jalan Pantura diakibatkan adanya pemasangan girder untuk flyover jalan tol, tepatnya di wilayah Kandeman Batang yang merupakan salah satu ruas jalan tol tersebut. Secara total ada 36 buah yang dipasang di jalur itu, terdiri atas 24 girder ukuran 16 meter dan 12 buah girder ukuran 50 meter.

Direktur Jasa Marga Semarang-Batang Saut Simatupang, mengatakan, pemasangan sengaja dilakukan di hari libur untuk meminimalisasi kemacetan panjang di ruas tersebut.

Kecelakaan Maut di Tol Batang, Mobil Hampir Hancur Bagai Tercabik

"(Pemasangan) kalau bisa satu hari ya satu hari. Tapi kalau harus diperpanjang ya dua hari. Memang mengganggu lalu lintas tapi mau enggak mau harus seperti itu," kata Saut di Semarang, Selasa, 23 Mei 2017.

Untuk mengantisipasi kemacetan panjang lalu lintas, Saut menyatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan seluruh pihak, baik Polres Batang maupun Dinas Perhubungan. Koordinasi dilakukan agar seminimal mungkin ada jalur-jalur alternatif menghindari kawasan Pantura tersebut.

Lebih Seperempat Juta Mobil Pemudik Melintas di Tol Kalikangkung

"Jadi polisi dan Dishub akan membuat rekayasa lalu lintas dengan cara pengalihan ke beberapa jalur alternatif baik dari arah barat maupun timur, " ujarnya.

Sementara itu, polisi mengimbau, bagi pengendara dari arah Semarang ke Jakarta maupun sebaliknya pada waktu tersebut disarankan untuk menunda perjalanan atau memilih sejumlah jalur alternatif. 

Untuk arah Jakarta menuju Semarang disiapkan jalur alternatif dari simpang empat Samsat Batang belok ke kiri melewati jalan baru Ujungnegoro. Dari arah Semarang ke Jakarta, akan dialihkan dari simpang tiga depan Polsek Tulis belok ke kiri arah Kecamatan Bandar. Namun pengalihan itu berlaku untuk kendaraan kecil. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya