Angkasa Pura I Siapkan 198 Penerbangan Antisipasi Lebaran

Ilustrasi bandara.
Sumber :
  • Antara/ Eric Ireng

VIVA.co.id – Meski Lebaran masih sekitar tiga pekan lagi, namun pesanan tiket pesawat yang dipesan secara online melalui Bandara Juanda, Sidoarjo mulai alami peningkatan yang cukup signifikan.

Tak Akan Jual Aset, Ini Strategi Angkasa Pura I Sehatkan Keuangan

Memasuki hari ketujuh Ramadan, pesanan tiket online tersebut rata-rata untuk penerbangan mulai tanggal 10 Juni hingga 19 Juni 2017 atau memasuki pertengahan bulan Ramadan.

Dari sejumlah pesanan tiket yang diterima pihak maskapai, rata-rata didominasi untuk penerbangan rute gemuk, diantaranya tujuan Jakarta, Denpasar, Makassar dan Balikpapan yang tingkat pesanannya kini sudah mencapai 45 persen dari jumlah kursi penumpang yang dijual.

Penyebab Utang Angkasa Pura I Membengkak hingga Rp32 Triliun

Selain dipengaruhi oleh harga tiket pesawat yang masih normal, peningkatan pesanan tiket pesawat untuk penerbangan Lebaran ini diindikasikan karena banyaknya calon penumpang yang khawatir kehabisan tiket saat mendekati Lebaran.

General Manager PT Angkasa Pura 1, Kolonel Laut (P) Yuwono mengatakan, dengan peningkatan pesanan tiket pesawat yang dijual secara online, pihak Angkasa Pura 1 Surabaya hingga saat ini telah menerima pengajuan 198 extra flight dari sejumlah maskapai penerbangan.

AP I Punya Utang Jumbo Rp32 Triliun, Dirut Buka-bukaan Rinciannya

"Ada 198 pengajuan extra flight dari sejumlah maskapai yang rencananya akan dioperasikan pada pertengahan bulan Ramadan sekitar tanggal 10 Juni mendatang," kata Yuwono, Jumat 2 Juni 2017.

Ia menambahkan, untuk mendukung penerbangan melalui Bandara Juanda yang diprediksi akan mengalami peningkatan pada pertengahan bulan Ramadan ini, pihak Angkasa Pura akan meniadakan program pemeliharaan run way atau landasan pacu karena Bandara Juanda akan dibuka selama 24 jam penuh mulai pertengahan Ramadan ini.

Berdasarkan pantauan, sejak awal Ramadan hingga memasuki hari ketujuh Ramadan, kondisi arus penumpang di Bandara Internasional Juanda Sidoarjo masih tergolong normal baik keberangkatan dan kedatangan.

Laporan Khumaidi (Sidoarjo)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya