KAI Tambah Enam Rangkaian Kereta untuk Lebaran 

Interior rangkaian kereta api ekonomi premium
Sumber :
  • Twitter/@KAI121

VIVA.co.id – PT Kereta Api Indonesia segera mengoperasikan enam kereta api tambahan dengan rangkaian premium untuk berbagai relasi perjalanan. Rangkaian ini hasil produksi PT Inka yang baru saja diselesaikan dan diserahterimakan ke PT KAI. 

BRI Jalin Sinergi dengan KAI dan dalam Fasilitas Notional Pooling

Penambahan rangkaian kereta ini guna meningkatkan pelayanan dalam masa angkutan Lebaran 2017. Berdasarkan keterangan resmi PT KAI, tambahan sebanyak enam kereta ini akan melayani setidaknya delapan perjalanan. 

Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro mengatakan, setiap satu rangkaian KA itu terdiri atas delapan unit gerbong kereta premium dengan kapasitas masing-masing 80 tempat duduk. Selain itu, terdapat dua unit gerbong kereta premium untuk penumpang dengan keterbatasan fisik yang berkapasitas 64 tempat duduk di tiap gerbong kereta. 

Lewat Aplikasi Ini, KAI Kini Antar Jemput Penumpang Sampai Rumah

"Kapasitas dalam setiap satu kali perjalanan adalah 768 seat, dan dengan demikian dalam sehari, total kapasitas KA tambahan ekstra tersebut yakni 6.144 seat," kata Edi dalam keterangan resminya, Selasa 13 Juni 2017. 

Untuk pembelian tiket, PT KAI membuka pemesanan tiket mulai 14 Juni 2017, pukul 00.01 WIB yang bisa dibeli via online di website KAI, aplikasi KAI Access, situs penjual tiket yang telah bekerja sama, maupun mitra resmi lainnya. 

Puncak Arus Balik Libur Panjang Penumpang Kereta Api Diprediksi Besok

"Fasilitas rangkaian kereta premium itu, di antaranya adalah tempat duduk yang sudah recycling, fasilitas televisi di tiap kereta sebanyak empat unit, interior kereta makan dengan desain mini bar, dan lainnya," kata dia. 

Sebagai informasi, selama masa angkutan Lebaran, KAI menyiapkan 13.440 seat KA Argo, 6.300 KA eksekutif, 25.342 KA campuran eksekutif bisnis, 4.764 seat KA bisnis, 48.084 seat KA ekonomi jarak jauh, 87.772 KA ekonomi lokal, dan 14.452 seat idle rangkaian. 

Dengan begitu, total kapasitas seat KA reguler dan tambahan yang telah disiapkan KAI pada masa angkutan Lebaran 2017 menjadi 228.158 per hari, meningkat 4,96 persen dari tahun lalu. 

Sementara itu, Senior Manager Humas PT KAI Daop 1, Suprapto, menjelaskan, untuk wilayah Daop 1 ada sebanyak empat KA yang akan dioperasikan. Yang berangkat dari stasiun Pasar Senen dan Gambir.

"Ada beberapa yang perlu diperhatikan. Pastikan pemesanan tiket sesuai dengan identitas bagi yang akan bepergian. Karena jika identitas tidak sesuai maka tiket dinyatakan tidak berlaku," ujar dia. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya