Ingin Sukses, Begini Cara Berhadapan dengan Orang Lain

Ilustrasi sukses berbisnis.
Sumber :

VIVA.co.id – Masa depan seseorang bisa dilihat dari bagaimana cara seseorang menghadapi orang lain di masa sekarang. Bila Anda merupakan orang yang cenderung emosional dan tidak sabar saat berhadapan dengan orang lain, bisa jadi kesuksesan finansial akan sulit menghampiri Anda di kemudian hari.

4 Tips Sukses dari Bill Gates dan Daniel Lubetzky untuk Para Pejuang

Untuk memudahkan memahaminya, anggaplah Anda memiliki rekan kerja yang berada dalam satu tim dengan Anda. Karena Anda punya temperamen yang meledak-ledak, Anda pun sering cekcok dengan rekan Anda tersebut.

Cara Anda berhadapan dengan rekan kerja Anda itu bisa saja tidak menguntungkan Anda di masa depan karena bisa saja rekan kerja itu memiliki posisi yang menentukan karier Anda di masa depan. 

Tips Sukses Menjadi PR Tangguh di Industri Kecantikan

Nah, bicara soal kesuksesan, berikut ini cara orang sukses menghadapi orang lain yang patut ditiru seperti dikutip dari laman CekAja.com, pada Rabu 5 Juli 2017: 

1. Selalu berpikir positif

Kerap Dijuluki Crazy Rich, Leo Christian Bagikan Tips Sukses di Usia Muda

Berdasarkan penelitian psikolog bernama Dr Susan Krauss, setiap orang memang cenderung memiliki orang lain yang tidak cocok dengan diri mereka. Namun, bukan berarti saat berhadapan dengan orang tersebut Anda harus selalu berpikiran negatif.

Dr Krauss bilang, cara berkualitas yang dapat dilakukan saat berhadapan dengan orang yang tidak kita sukai adalah melihat dari sudut pandang positif. Buatlah sugesti positif pada orang yang tak kita sukai. Dengan cara ini, Anda bisa cegah timbulnya konflik yang tak akan menguntungkan dari segi apapun.

2. Cari pihak ketiga yang bisa jadi penengah

Saat Anda menjalankan bisnis dengan rekan kerja yang justru tidak Anda sukai saat bisnis sudah berjalan, riskan rasanya untuk terang-terangan berkonflik. Kita boleh tidak suka pada seseorang namun jangan malah menjadikan hal itu merugikan kita sendiri. 

Bila Anda berada dalam posisi ini, cobalah untuk tetap menjaga hubungan baik. Bila Anda punya emosi yang mudah meledak saat berhadapan dengan orang yang tak Anda sukai, cobalah cari partner ketiga yang bisa jadi rekan bisnis baik sekaligus berfungsi sebagai penengah di antara Anda dan rekan yang tak Anda sukai.

3. Jangan bertindak defensif

Jika Anda berhadapan dengan orang yang terus menerus mencari kesalahan, baik dalam dunia kerja maupun dalam kehidupan sehari-hari,sebaiknya hindari bertindak defensif. 

Karena bertindak defensif justru akan memberikan 'lawan' Anda itu kesempatan untuk menyerang Anda. Bersikaplah terbuka. Akui kesalahan jika memang Anda salah dan biarkan dia memberi kritikan bila Anda memang merasa kritik tersebut tidak memojokkan Anda dan sekadar mencari gara-gara.

4. Ingat, kebahagiaan ada di tangan kalian

Berurusan dengan orang yang tidak disukai memang memberikan ketidaknyamanan dalam hidup. Namun, perlu diingat bahwa kenyamanan dan kebahagiaan hidup sesungguhnya berada di tangan kalian masing-masing, bukan mereka. 

Jadi, jangan pernah membiarkan seseorang membatasi kebahagiaan, kenyamanan, dan kesuksesan dengan tindakan atau perilaku mereka yang tidak kamu sukai. Sekali lagi ingat, kebahagiaan dalam hidup sesunguhnya berada di tangan kalian. (ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya