Subsidi Listrik Dicabut, Daya Beli Rakyat Terancam Turun

Petugas PLN saat memeriksa meteran listrik di suatu rumah susun di Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Kebijakan pemerintah mengurangi subsidi listrik bagi pelanggan 900 Volt Ampere (VA) bisa berdampak fatal. Ini akan menyebabkan daya beli belasan juta rumah tangga merosot.

Menteri ESDM Usul Subsidi Listrik 2022 Naik Jadi Rp61,83 Triliun

Demikian menurut Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Enny Sri Hartati. "Jadi ada 18 juta rumah tangga atau masyarakat yang daya belinya akan berkurang," kata Enny dalam sebuah diskusi  di Cikini, Jakarta, Sabtu, 8 Juli 2017. 

Enny melanjutkan, penurunan daya beli masyarakat dapat dilihat dari pendapatan yang diperoleh pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang cenderung menurun. Bahkan, semua sektor saat ini masih cenderung mengalami tekanan. 

Hoax, Pendaftaran Subsidi Listrik Lewat Situs Tokenpln

"Sekarang, kita lihat misalnya informasi yang kita peroleh dari teman-teman pengusaha ritel, pedagang tradisional baik di UMKM maupun industri besar. Penjualan mereka kan bisa dilihat setiap hari bagaimana, kita sekarang melihat masih dalam posisi tekanan," ujarnya.

Enny mempertanyakan, apakah pencabutan subsidi ini merupakan kado bagi masyarakat atau justru sebaliknya. Dia juga mengkritisi cara PT PLN mengumpulkan data yang hanya mengandalkan data dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K). 

Subsidi Listrik Diperpanjang hingga Maret, Pemerintah Siapkan Rp4,47 T

Menurut dia, PLN harus bisa lebih aktif. "Karena data dari TNP2K, Kriterianya ini sangat debatable, bagaimana pemerintah mengakomodasi masyarakat kecil?" ujarnya.  

PT PLN telah mencabut subsidi sebanyak 18 juta lebih pelanggan 900 Volt Ampere (VA) yang dianggap mampu, dari total yang disubsidi sebelumnya sebanyak 23 juta rumah tangga. (ren)

Ilustrasi laporan keuangan

Emiten Ini Yakin Omzet 2021 Naik karena Kebijakan Tarif Listrik

Kebijakan pemerintah untuk mencabut diskon Tarif Dasar Listrik (TDL) secara bertahap dinilai berpengaruh pada omzet perusahaan.

img_title
VIVA.co.id
17 Juni 2021