Menko Darmin: Redenominasi Rupiah Bisa Mulai 2017

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution di rumah dinasnya.
Sumber :
  • VIVA.co.id/shintaloka Pradita Sicca

VIVA.co.id – Bank Indonesia mendorong agar Rancangan Undang Undang Redenominasi atau penyederhanaan penyebutan nominal mata uang rupiah bisa masuk Program Legislasi Nasional 2017. Meski demikian, sejauh ini belum ada kepastian apakah payung hukum tersebut bisa masuk tahun ini.

Viral Desain Redenominasi Rupiah, Ini Penjelasan BI

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, memandang, rencana bank sentral menyederhanakan penyebutan nominal rupiah akan membuat bisnis menjadi lebih efisien. Dengan redenominasi, maka biaya ekonomi yang selama ini digunakan menjadi lebih fleksibel.

“Ini masalah efisiensi. Coba itu restoran atau tempat makan. Mereka nulisnya Rp412. Efisiensi bisa dalam bentuk data. Bayangkan berapa ribu gigabyte kalau digitnya bertambah tiga? Kalau berkurang, akan sangat banyak pengaruhnya bagi perbankan,” kata Darmin, di Jakarta, Rabu 19 Juli 2017.

Kulik Semua Tentang Redenominasi Rupiah Di Sini, Pengertian Hingga Dampaknya

Lagipula, menurut Darmin, tahun ini merupakan waktu yang tepat untuk merealisasikan penyederhanaan penyebutan nominal rupiah. Momentum membaiknya sejumlah indikator perekonomian nasional, kata mantan gubernur BI itu, bisa dimanfaatkan untuk memangkas nominal yang tertera dalam mata uang.

“Jadi sekarang momen yang bagus. Dulu sebenarnya inflasi sudah agak terkendali, tapi masih tinggi. Dulu masih empat atau lima (persen). Sekarang sudah sekitar tiga atau empat (persen),” katanya.

Penting untuk Diketahui, Perbedaan Redenominasi dan Sanering

Darmin pun meyakini, proses adaptasi dari perubahan penyebutan pecahan baru mata uang Garuda tidak memakan waktu lama. Mantan direktur jenderal Pajak itu menegaskan, akan membahas rencana redenominasi bersama BI dan pemangku kepentingan lainnya dalam waktu yang tidak lama.

“Belum (dibahas), tapi akan. Mestinya tidak masalah apa-apa soal itu. Ini sesuatu yang sudah disiapkan, dan dibicarakan empat atau lima tahun yang lalu,” katanya.

Viral Desain Redenominasi Rupiah

Top Trending: Desain Redenominasi Rupiah, Bule di Bali Boncengan Tanpa Celana

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal Trending VIVA, Kamis 30 November 2023. Dari bule di bali boncengan sepeda motor tanpa celana sampai desain redenominasi uang rupiah.

img_title
VIVA.co.id
30 November 2023