RI Raup Investasi Rp336,7 Triliun dalam 6 Bulan

Ilustrasi peningkatan utang luar negeri Indonesia.
Sumber :
  • Halomoney

VIVA.co.id – Realisasi penanaman modal dalam negeri maupun asing sepanjang kuartal II 2017 menembus Rp170,9 triliun, atau meningkat 12,7 persen dibandingkan periode sama tahun lalu yang hanya Rp151,6 triliun. Tahun ini BKPM menargetkan realisasi investasi mencapai Rp678,8 triliun.

Sektor Manufaktur RI Jauh dari Deindustrialisasi, Ekonom Beberkan Buktinya

“Cukup kelihatan ada recovery di kuartal kedua dibandingkan kuartal pertama,” kata Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong dalam konferensi pers, di kantornya, Jakarta, Rabu 26 Juli 2017.

Berdasarkan catatan BKPM, realisasi penanaman modal dalam negeri selama kuartal kedua mencapai Rp61 triliun, atau naik 16,9 persen dibandingkan periode yang sama Rp52,2 triliun. Sementara realisasi Penanaman Modal Asing, mencapai Rp109,9 triliun, atau naik 10,6 persen dari periode sama yang hanya Rp99,4 triliun.

Ketahui Manfaat dan Risiko Saham Blue Chip, Dapatkan Dividen yang Konsisten

Mantan Menteri Perdagangan itu menduga, melonjaknya realiasi investasi pada kuartal kedua didorong dari beberapa proyek besar yang telah berhasil diselesaikan, seperti pabrik Mitsubishi Motor di kawasan Karawang, sampai dengan pabrik kerja sama antara PT Krakatau Steel dan Osaka Steel.

“Ini proyek-proyek yang cukup besar nilai investasinya, dan sempat diselesaikan di kuartal kedua. Proyek ini cukup signifikan berkontribusi terhadap angka realisasi di kuartal kedua,” katanya.

Beli Properti Bisa untuk Rumah Tinggal Sekaligus Investasi Jangka Panjang

Pemerintah, lanjut Thomas, akan tetap berupaya memperbaiki iklim investasi. Hal ini dilakukan, untuk tetap menggeliatkan aktivitas investasi di dalam negeri, sehingga ujung-ujungnya diharapkan mampu berkontribusi lebih terhadap perekonomian nasional.

“Pemerintah telah mengeluarkan berbagai paket kebijakan ekonomi, yang diharapkan implementasinya di rasakan oleh dunia usaha dalam rangka kemudahan, percepatan, dan kepastian perizinan investasi,” kata mantan Menteri Perdagangan itu. (ren)
 

Ilustrasi investasi, ilustrasi reksadana

Panduan Lengkap Investasi Reksadana untuk Pemula, Dari A sampai Z

Bagi pemula yang ingin memulai investasi, reksadana adalah pilihan yang tepat. Reksadana menawarkan cara mudah dan menguntungkan untuk menumbuhkan uang Anda.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024