Cari Tiket Kereta Murah KAI Travel Fair Berbuntut Penyesalan

Antrean panjang di ajang KAI Travel Fair
Sumber :
  • Danar Dono/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Pameran Kereta Api Indonesia Travel Fair, yang menjual tiket kereta kelas eksekutif dengan harga murah, ternyata tak begitu memuaskan para pengunjung. Parkir yang semrawut dan antrean yang membludak membuat banyak pengunjung kecewa.

KAI Tebar Diskon 20 Persen Tiket Kereta Api Jarak Jauh, Begini Cara Dapatnya

Tak sedikit pula pengunjung yang sudah masuk ke area pameran harus kecewa karena kehabisan tiket. Mereka kecewa karena kehabisan tiket dan rupanya harga yang ditawarkan tidak semurah yang di bayangkan.

"Diskonnya ternyata biasa saja. Tiket yang ke Semarang harga normal Rp375 ribuan. Di sini dapat diskonnya 10 persen. Tetap saja harga masih kepala tiga (Rp300ribuan)," ujar seorang pengunjung bernama Slamet di JCC Senayan Jakarta, Sabtu 29 Juli 2017.

Tiket KA untuk Libur Natal dan Tahun Baru 2024 Sudah Bisa Dibeli, Catat Tanggalnya

Selain itu, tak sedikit pengunjung lyang merasa '”terkecoh.” Diskon besar memang ada, namun ternyata tiket diskon besar tersebut juga dapat didapatkan secara online melalui agen tiket yang juga membuka lapak di pameran itu, seperti di JCC yaitu Tiket.com dan Traveloka.

Banyak dari mereka yang emosi lantaran mereka kehabisan tiket dengan diskon besar karena tiket sudah terlebih dahulu dibeli orang lain dengan sistem online dan aplikasi.

KAI Obral Harga Tiket Kereta Api Mulai Rp 150.000, Catat Rute Tujuannya

"Teman saya di rumah langsung dapat tiket dari Traveloka dengan diskon besar. Bagaimana sih ini? Ngapain ke sini kalau begitu," seru pengunjung lain, Wahyuni 

Pengunjung lainnya, Sonya, juga mengaku menyesal datang ke pameran tersebut untuk mendapatkan tiket murah. Dia memang mendapat tiket yang diinginkan. 

"Saya mau pulang kampung ke Salatiga bulan depan, turunnya kan di Semarang. Dapat harga Rp80 ribu. Normalmya Rp350 ribu, tapi ternyata lewat online bisa. Jadi menyesal, ngapain desak desakan di sini kalau beli online saja bisa," ujarnya.

Panitia Evaluasi

Menanggapi hal tersebut, Direktur Dyandra Promosindo, Bayu Sumarijanto, tidak menampik bahwa tiket murah juga bisa didapatkan via Online. Tapi dia tidak menduga hari pertama pameran ini kepadatan pengunjung sangat luar biasa. 

Untuk itu ia mengimbau warga untuk memesan tiket kereta api dari rumah saja sehingga tak harus ke lokasi pameran. Sebab, pameran tersebut masih diadakan besok.

"Kami buka akses publik, pesan online dari handphone pun bisa," kata Bayu di JCC Sabtu sore 28 Juli 2017

Sebelumnya diketahui, beberapa mitra penjual resmi tiket KAI seperti Traveloka, Tiket.com, Indomaret, Pegi-Pegi.com hanya menerapkan diskon di lokasi pameran.

Selain itu, karena membludaknya pengunjung, sejak pukul 14.00 tadi pengunjung bebas masuk ke dalam pameran dengan digratiskan tiket masuk. Bagi pengunjung yang sudah terlanjur membeli tiket, dapat melakukan refund.
 
"Infrastruktur yang disiapkan sebenarnya banyak, tapi crowd ternyata lebih banyak lagi,jadi kami gratiskan hari ini,"kata Bayu

Terkait beberapa masalah di hari pertama, ia dan panitia akan mengevaluasi hari pertama pelaksanaan KAI Travel Fair 2017. Sebab, PT KAI bersama Dyandra Promosindo baru pertama kali ini menyelenggarakan pameran tiket kereta api murah.

"Untuk pelaksanaan hari kedua besok , kami akan melihat situasi dan kondisinya, apakah akan digratiskan juga (tiket masuknya). Tapi yang pasti hari ini akan menjadi evaluasi kami," kata Bayu. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya