Mau Untung Jualan Online? Ikuti 10 Cara Ini

Melihat Gudang Penyimpanan Barang e-Commerce
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Berbisnis online jadi tren berjualan dalam beberapa tahun belakangan. Beberapa pelaku bisnis bahkan sukses dan mampu meraih impian seperti kemapanan materi atau kecukupan akan kebutuhan hidupnya. 

Pedagang Tanah Abang Minta E-Commerce Ditutup, Pengusaha Tom Liwafa: Dikasih Hati Minta Jantung

Tapi tahukah? Berbisnis online tak segampang seperti yang dikira. Ada trik khusus agar dapat meraih penjualan dengan omzet maksimal. Berikut ini adalah kumpulan tips dari Cermati.com yang bisa disimak supaya jualan online yang dilakoni laris manis.

1. Pergunakan kalimat promosi yang menarik

Keluhan Pedagang Online Gagara TikTok Shop Ditutup: Banyak Pengangguran

Pilihan kalimat promosi yang menarik dan unik akan berpengaruh pada penjualan online yang sedang berjalan. Pilih bahasa di mana orang bisa merasakan manfaat dari informasi penawaran produk. 

Hal ini bukan saja menarik calon pembeli. Sebab pada saat bersamaan, mereka sudah tahu manfaat produk sebelum menjatuhkan keputusan untuk membelinya.

5 Tips Bisnis, Memulai Usaha Rumahan Modal Kecil di 2023

2. Tentukan target pasar

Tak berbeda dengan usaha offline, bisnis online juga memerlukan target pasar mana yang potensial. Menentukan target pasar sama dengan memetakan sejauh mana Anda bisa menata skema promosi. Sama seperti dalam bisnis offline.

3. Memanfaatkan media sosial

Media sosial dapat digunakan sebagai penunjang penjualan produk karena jangkauannya yang luas. Media sosial juga bisa dipergunakan sebagai sarana dalam memetakan dan menemukan kebutuhan pelanggan.

4. Maksimalkan penggunaan smartphone

Bisnis online mengutamakan efisiensi dan kenyamanan. Karena itu, manfaatkan smartphone untuk terus dekat dengan pelanggan. Sebab terdapat bermacam-macam aplikasi berbasis smartphone yang sering digunakan untuk belanja.

5. Website sama dengan toko, manfaatkan web sebaik-baiknya

Tak jarang orang ingin berbelanja online dengan pilihan yang lebih banyak. Tentunya di sini Anda perlu menyiapkan sebuah toko online. Website Anda sama fungsinya dengan toko pada bisnis offline. 

Tampilan yang maksimal, kecepatan loading, serta hal teknis lain perlu Anda perhatikan. Manfaatkan jasa web hosting terpercaya agar bisa menghasilkan toko online yang bisa mengundang banyak pembeli. 

6. Respons cepat menjadi nilai lebih

Pernahkah Anda tidak mendapatkan respons cepat dari pelayan toko saat berbelanja offline? Bagaimana rasanya? Tentu tidak enak. Hal yang sama juga jadi kunci dalam kesuksesan penjualan online. 

Pastikan pembeli mendapat respons cepat dan ramah. Sebab ini adalah nilai lebih di mana orang akan semakin yakin untuk berbelanja dari toko Anda. 

7. Ciptakan interaksi 

Penjual dan pembeli memang tidak bertemu atau bertatap muka secara langsung. Namun, bukan berarti pelit memberi kesan. Wujudkanlah interaksi secara personal. Ini akan membuat calon pembeli merasa nyaman berkomunikasi yang berakhir dengan deal yang bagus.
  
8. Pakai hashtag dalam promosi jualan di media sosial

Ibarat pasar, media sosial adalah sebuah lingkungan yang sangat heterogen. Karena itu, diperlukan batasan topik, semisal menggunakan hashtag atau tanda pagar. Dengan memberikan hashtag pada postingan, itu berarti Anda telah menentukan target market seperti apa yang hendak dicapai.

9. Kenali dan gunakan metode marketing flash sale

Bila sekali waktu Anda mengunjungi situs market place lalu melihat adanya promo khusus, seperti berlakunya bonus setiap pembelian dalam jumlah tertentu, tetapi hanya berlaku sampai rentang waktu beberapa hari. Atau gratis jasa ongkos kirim selama berapa waktu untuk produk khusus. 

Ini adalah metode flash sale. Saat ini metode ini sedang populer dipergunakan dalam berbagai jenis bisnis online. Hasilnya, beberapa menembus angka penjualan dengan jumlah mencengangkan.

10. Percantik tampilan toko online dengan memanfaatkan jasa web designer

Mendesain sebuah web bukanlah hal yang mudah. Perlu keterampilan khusus. Karena itu, bila toko online Anda perlu mendongkrak penjualan, manfaatkan jasa seorang web designer untuk mempercantik tampilannya.

Tekad dan semangat serta ketekunan merupakan kunci sukses dalam berbisnis online. Banyak orang terjebak dengan konsep bisnis online yang menawarkan hasil yang instan. Padahal, bisnis tidak ada yang instan, semuanya butuh proses, termasuk bisnis online. 

Pastikan Anda memahami seluk beluknya 

Jalani tahap demi tahap secara tekun dan jangan lupa untuk terus belajar karena perkembangan bisnis online cepat berubah sesuai dengan perkembangan teknologi. Anda harus mengalokasikan waktu lebih banyak untuk terus belajar agar bisa cepat beradaptasi terhadap perubahan teknologi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya