Masalah Pekerja, Freeport Terbuka untuk Diskusi

Tambang Grasberg Freeport Indonesia di Papua.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Banjir Ambarita

VIVA.co.id – Asosiasi internasional pekerja di bidang industri, IndustriALL mengajak manajemen PT Freeport Indonesia untuk berdiskusi terkait permasalahan pekerja di perusahaan tersebut. Khususnya mengenai status mantan karyawan tambang Grasberg yang masih terus dibahas oleh serikat pekerja perusahaan tersebut hingga saat ini. 

Pemerintah Bakal Tambah Saham di Freeport Indonesia Jadi 61 Persen, Begini Penjelasan Tony Wenas

Menanggapi hal tersebut, Vice President Corporate Communications Freeport, Riza Pratama, menjelaskan, Freeport Indonesia mengacu pada hukum dan peraturan yang mengatur hal-hal tersebut. Selain itu, perusahaan merujuk perjanjian kerja bersama (PKB) yang telah disepakati antara serikat pekerja dan perusahaan. 

"Dalam hal ini, pengunduran diri merupakan konsekuensi yang disayangkan bagi sejumlah pekerja terkait absensi mereka yang berkepanjangan. Kendati perusahaan telah melakukan berbagai upaya dan permintaan agar mereka kembali bekerja," ujar Riza dikutip dari keterangan resminya, Jumat 11 Agustus 2017. 

Viral Penampakan Masjid dan Gereja Berada di Kedalaman 1.760 Meter Perut Bumi

Sebagai informasi, Freeport Indonesia hingga saat ini mempekerjakan ribuan karyawan Indonesia, banyak di antaranya berasal dari Papua, di wilayah operasinya di Papua. Perusahaan juga terus melakukan pelatihan ekstensif dan kualifikasi para pekerja baru. 

Riza menjamin, perusahaan terbuka kepada pihak-pihak terkait untuk berdiskusi mengenai hal ini. Langkah tersebut dilakukan untuk memastikan kegiatan operasional perusahaan tidak terganggu dan bisa berjalan dengan baik. 

Jokowi Kumpulkan Menteri Bahas Revisi PP Tambang hingga Perpanjangan Kontrak Freeport

"Kami terus berkomunikasi dengan para perwakilan pekerja dan serikat pekerja guna mendengarkan kepentingan mereka dan menyampaikan pandangan kami," tuturnya. 

Freeport Indonesia akan terus menjaga keselamatan dan motivasi para pekerja. Perusahaan juga akan mengapresiasi para pekerjanya yang menjalankan kewajibannya dengan baik. (art)

Tambang terbuka Grasberg yang sudah digali PT Freeport Indonesia. Kini operasional Freeport fokus ke tambang bawah tanah.

Freeport Indonesia Setor Rp 3,35 Triliun Bagian Daerah dari Keuntungan Bersih 2023

PT Freeport Indonesia (PTFI) menyetorkan sekitar Rp 3,35 triliun bagian daerah, atas keuntungan bersih PTFI di tahun 2023.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024