Menteri Jonan: Freeport Sepakat Divestasi 51 Persen Saham

Menteri ESDM, Ignasius Jonan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA.co.id – Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignatius Jonan, mengungkapkan manajemen PT Freeport Indonesia dengan Pemerintah RI sepakat soal besaran divestasi saham perusahaan tambang asal Amerika Serikat. Jumlahnya sebesar 51 persen, yang berarti sesuai dengan permintaan pemerintah. .

Selesaikan Persoalan Papua, Jusuf Kalla Beri Saran Begini ke Prabowo-Gibran

"Kalau 51 (persen) sudah sepakat. Tinggal nanti caranya segala macam. Ini mau nego final," kata Jonan di Istana Negara, Senin 21 Agustus 2017.

Negosiasi final itu, lanjut Jonan , akan dilakukan bulan Agustus ini juga. Karena ada beberapa hal yang akan dibahas.

Beroperasi Juni 2024, Smelter Freeport di Gresik Bakal Diresmikan Jokowi?

"Freeport itu kan nanti rencananya bulan ini kita mau negosiasi final. Terutama yang di bidang perpajakan dan retribusi daerah. Tapi itu porsinya lebih ke Menteri Keuangan," jelas mantan Menteri Perhubungan itu.

Hal lain yang patut dirundingkan adalah PT Freeport harus membangun smelter. Jonan mengatakan, itu tidak ada persoalan. Hanya memang masalah pajak masih perlu dibahas dengan PT Freeport Indonesia itu.

Smelter Freeport di Gresik Mulai Produksi Agustus 2024 dengan Kapasitas 50 Persen

"Kalau soal divestasi, bangun smelter, saya kira sih prinsipnya sih sudah selesai, enggak ada apa-apa sih. Tinggal tunggu perpajakan saja," kata Jonan. (ren)

PT Freeport Indonesia (PTFI) teken Perjanjian Kerja Bersama (PKB) PTFI periode 2024-2026 bersama tiga Ketua Serikat Pekerja/Serikat Buruh (dok: Freeport)

Manajemen dan Serikat Pekerja Freeport Teken PKB, Menaker: Bisa Jadi Contoh bagi Perusahaan Lain

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Tony Wenas bersama tiga Ketua Serikat Pekerja/Serikat Buruh PTFI menandatangani Perjanjian Kerja Bersama (PKB).

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024