PLN Akuisisi Perusahaan Tambang Batu Bara dalam Waktu Dekat

PLTU Tanjung Jati, Jepara (ilustrasi)
Sumber :
  • Bayu Nugraha/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Perusahaan Listrik Negara atau PT PLN (Persero) berencana mengakuisisi sejumlah perusahaan tambang batu bara di Indonesia. Hal itu dilakukan demi menekan biaya operasional perusahaan pelat merah itu dalam membeli batu bara untuk Pembagkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).

Vonis Bebas Direktur PT SRM dari Jerat Perkara Pertambangan, Massa Geruduk Komisi Yudisial

Kepala Satuan Komunikasi Korporat PT PLN (Persero) I Made Suprateka mengatakan, membeli perusahaan tambang batu bara merupakan hal yang mutlak dilakukan selama pemerintah belum menetapkan harga batu bara sesuai dengan cost class atau pengelompokan biaya. Karena sampai saat ini, harga batu bara masih berdasarkan harga internasional (international price) maka kenaikan harga batu bara tidak bisa dihindari. Apalagi kalau permintaan meningkat.

"Tidak bisa terhindarkan mengakuisisi, membeli tambang batu bara, itu suatu keniscayaan selama pemerintah belum menetapkan harga batu bara berdasarkan cost class," kata Suprateka di Jepara, beberapa waktu lalu.

Jadikan ESG Komitmen Utama, BUMI Sudah Gelontorkan Investasi hingga US$200 Juta

Suprateka mengatakan, memiliki perusahaan batu bara sendiri merupakan langkah yang tepat dalam menekan biaya operasional. Apalagi, kata dia, PLN punya usaha angkutan sendiri, termasuk punya kapal sendiri. Dengan demikian, PLN bisa mengatur perusahaan mengeskplorasi batu bara sendiri.

"Yang kedua bisa ditekan lagi harga pokok listrik. bisa lebih ditekan lagi. Kalau kita punya tambang batu bara, kita bisa bangun lagi pembangkit di tambang. enggak ada ongkos angkut lagi. Tidak ada lagi biaya transportasi, asuransi pengiriman, sewa kapal untuk kirim. Akan banyak pengurangan cost di sana," tuturnya.

Menteri Arifin Tetapkan 9 Perusahaan Garap Ladang Emas hingga Nikel, Ini Daftarnya

Suprateka menambahkan, akuisisi ini sudah lama direncanakan. Dia mengklaim dalam waktu dekat, PLN akan segera mengakuisisi salah satu perusahaan tambang batu bara. Tapi dia belum bisa menyebut nama perusahaan yang akan di akuisisi tersebut

"Kita akan mencari mana perusahaan batu bara yang mau menjual perusahaannya, ada beberapa yang sudah (mau dibeli), tapi saya enggak bisa sebutkan namanya dulu," ujar dia.

Kegiatan kelompok usaha PT Bumi Resources Tbk.

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023

PT Bumi Resources Tbk (BUMI) mencatatkan pendapatan secara konsolidasian mencapai US$6,57 miliar di sepanjang tahun 2023. Tercatat, bahwa pendapatan BUMI berdasarkan PSAK

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024