Katanya Begini Rahasia Orang Kaya Kelola Uang

Bill Gates.
Sumber :
  • REUTERS/Mike Segar

VIVA.co.id – Untuk menjadi kaya raya tanpa manajemen keuangan yang baik adalah mimpi di siang bolong. Sudah banyak contoh pengusaha yang gagal karena tidak dapat mengelola keuangan.

Kisah Jutawan Paling Hemat, Punya 10 Properti tapi Makan dan Hidup dari Sampah

Bukannya, menyuntikkan modal terus menerus ke usahanya, pengusaha itu justru gunakan uang perusahaan untuk membeli rumah, mobil, dan berfoya-foya. Beda halnya dengan miliarder dunia seperti Bill Gates, Warren Buffet, dan Jeff Bezos yang memiliki strategi keren dalam mengelola keuangan.

Lalu, bagaimana caranya? Berikut, intisarinya cara para orang kaya tersebut seperti dikutip dari CekAja.com, Rabu 20 September 2017:

Ciri-ciri Wajah Orang Kaya Menurut Ilmuwan

1. Bijak dalam mengambil keputusan

Orang kaya cenderung tidak impulsif, saat berhubungan dengan uang. Segala keputusan yang berkaitan dengan uang diambil, setelah berpikir seribu kali.

Denise Chariesta Pernah Ngaku Orang Kaya, Begini Potret Rumah Tinggalnya

Saat membeli pakaian misalnya, mereka cenderung sederhana dan membeli yang sesuai dengan kebutuhan. Bukannya tak mampu membeli barang mewah, namun bagi hal yang melekat di badan bukanlah prioritas.

2. Investasi lebih banyak dibanding belanja

Orang kaya memiliki porsi investasi yang lebih besar dibandingkan uang belanjanya. Investasi bukan hanya menanamkan modal di instrumen investasi pasar keuangan saja. Menjadi investor sebuah bisnis riil juga tergolong investasi.

Lihat saja, Mark Zuckerberg yang doyan membeli perusahaan-perusahaan teknologi yang justru membuatnya semakin kaya. Sementara itu, porsi belanja para miliarder justru sangat kecil dibanding penghasilannya.

Warrem Buffet adalah contoh miliarder yang sangat hemat. Untuk urusan sarapan, dia mengaku hanya mengalokasikan uang yang sangat kecil.

3. Tidak hanya satu sumber penghasilan

Arus penghasilan orang kaya biasanya bercabang dan sangat banyak. Inilah yang membuat mereka tetap tenang ketika salah satu sumber penghasilannya hilang. atau berkurang. Sangat berbeda dengan orang miskin yang cenderung andalkan satu sumber penghasilan saja.

Untuk memperbanyak sumber penghasilan orang kaya biasanya berinvestasi. Hasil investasi pun berbuah menjadi penghasilan pasif yang terus datang meski dia tidak bekerja.

4. Mencatat arus keuangan bulanan

Dengan mencatat arus keuangan bulanan, orang-orang kaya dapat mempelajari berbagai hal dan melihat apakah ada keputusan finansial yang kurang baik yang telah dilakukan selama ini.

Tentunya, ini menjadi kebiasaan yang sangat baik dan membuat mereka dapat terus mengevaluasi diri dalam mengatur keuangan, agar lebih baik dan bijak lagi. Pastinya, dengan cara tersebut para orang kaya menjadi semakin jeli dalam melihat peluang dan mengambil keputusan finansial untuk menghasilkan keuntungan dan meminimalisir pengeluaran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya