Kebiasaan yang Bikin Boros di Era Digital

Ilustrasi belanja online.
Sumber :
  • www.pixabay.com/Photo-Mix

VIVA.co.id – Di era digital seperti saat ini, kita merasakan kemudahan untuk melakukan berbagai hal hanya dengan menggunakan suatu alat canggih berbekal kemajuan teknologi. Teknologi kini hadir dalam bentuk yang lebih praktis dan bisa digunakan siapa saja untuk melakukan transaksi secara online. 

Lucu, Ada Seseorang yang Coba Menipu Kaesang

Tidak hanya itu, permainan, belanja, dan juga berpromosi kini dapat dengan mudah dilakukan hanya dengan teknologi. Harapan pengguna teknologi ini tentunya dapat terus menggunakan kecanggihan tersebut untuk memenuhi kebutuhan dengan lebih efektif dan efisien. 

Namun, Anda perlu berhati-hati karena jika menggunakan teknologi tersebut secara berlebihan, bisa boros. Awalnya Anda tidak terlalu bermasalah dengan peran teknologi seperti ini, namun setelah menjadi kebiasaan ternyata akan berdampak pada keuangan. 

Beli Produk Asuransi Secara Virtual, Perhatikan Tahapan Ini

Berikut ini informasi dari Cermati.com, lima kebiasaan yang bisa membuat Anda boros di era digital seperti sekarang ini.

1. Menjadi maniak games

Tips Jitu Agar Tak Keteteran Bila Punya Pekerjaan Sampingan

Khususnya bagi kaum pria, bermain game adalah salah satu hal yang sering dilakukan dengan menggunakan teknologi semacam tadi. Saat ini game saja sudah bisa diakses lewat smartphone, dan kamu bisa mulai memainkan game tersebut. 

Namun, sebaiknya kamu jangan terlalu maniak untuk main game yang sedang marak saat ini karena tidak sedikit dari game tersebut yang harus berbayar. Semakin kamu maniak terhadap game, kamu tentu akan lebih boros. Misalnya untuk membayar biaya member atau voucher game.

2. Ketagihan beli gadget baru

Karena teknologi semakin berkembang, perangkat yang digunakan untuk mengakses teknologi tersebut juga terus di-upgrade. Jangan heran jika kamu sering melihat iklan smartphone yang hampir selang beberapa bulan sudah kembali mengeluarkan seri terbarunya. 

Hal ini tentu sangat menggoda kita yang seorang “gadget maniac” untuk segera mendapatkan seri terbaru dari smartphone favorit. Hal ini juga akan membuat keuangan kita menjadi tidak stabil.

3. Bermain internet tanpa batas waktu

Sekarang ini siapapun sangat betah berlama-lama bermain dengan internet. Dari anak kecil, hingga orang dewasa membutuhkan waktu yang lama untuk berinteraksi dengan internet. Adanya media sosial dan beberapa aplikasi chatting yang unik, rupanya digunakan sebagian besar ketika berselancar di internet. 

Jika kamu menggunakan internet paket data pada smartphone, tentunya keseringan ini akan membuat kuota internet semakin berkurang. Kuota internet smartphone juga dibeli dengan uang, bukan? Sebaiknya gunakan kuota internet untuk keperluan akses internet yang penting. 

Hindari penggunaan kuota untuk hal yang kurang penting seperti nonton streaming di Youtube, karena akan menghabiskan banyak kuota.

4. Hobi belanja online

Hobi yang satu ini umumnya disukai para wanita. Berbelanja online adalah solusi yang mudah di mana para wanita akan lebih mudah memperoleh produk fashion favorit mereka tanpa harus pergi ke mall dan mengantre terlalu lama. 

Namun, sebagian wanita ternyata mulai keranjingan berbelanja online, sehingga ia bisa berbelanja hampir setiap hari. Agar tidak ketagihan belanja online, sebaiknya kamu matikan notifikasi promo dari aplikasi atau e-mail tempat belanja online favorit kamu. Belanjalah seperlunya saja.

5. Delivery makanan
 
Bukan hanya bermain game, dan belanja online yang bisa dilakukan lewat internet. Membeli makanan favorit pun kini bisa dilakukan secara online, makanan akan diantar oleh pengantar ke rumah Anda. 

Kemudahan seperti ini juga dapat menyebabkan orang ketagihan untuk membeli makanan delivery. Namun ingat, jika kamu membeli makanan lewat cara ini, maka akan ada biaya tambahan yang harus dibayar. Jangan malas untuk bergerak, dan pergi keluar mencari makanan yang siapa tahu harganya bisa lebih murah dan enak dibandingkan delivery makanan tadi.

Gunakan internet dengan bijak

Boleh saja menggunakan internet setiap hari, namun perkirakan penggunaannya jangan sampai melebihi kemampuan anggaran.  Menggunakan internet dengan bijak tentunya bisa membuat kita tidak kehilangan informasi dan memudahkan kita melakukan transaksi online sesuai kebutuhan. (one)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya