7 Karakter Rekan Kerja yang Berdampak Positif bagi Anda

Bahasa tubuh dengan sesama rekan kerja.
Sumber :
  • http://informasi212.blogspot.co.id/

VIVA.co.id – Lingkungan tempat kita bekerja ternyata akan berpengaruh pada karakter dari seorang pekerja itu sendiri. Seharusnya, lingkungan kantor diisi oleh orang-orang yang memiliki kinerja terbaik dan standar tinggi. 

5 Dampak Negatif Terlalu Dekat dengan Rekan Kerja, Bisa Kurangi Profesionalisme

Selain itu, sebagai karyawan kita juga harus lebih selektif ketika memilih rekan kerja karena akan berpengaruh terhadap kualitas dan hasil kerja anda, terlebih saat harus bekerja secara tim. Di kantor, tentunya rekan kerja kita memiliki karakter uniknya masing-masing. Terkadang, kita bisa menebak karakter tersebut dari caranya bekerja sehari-hari. 

Ada saja rekan kerja yang terkadang suka untuk menunda dan menumpuk pekerjaan.  Ada juga rekan kerja yang selalu berhasil menunjukkan prestasi kerjanya dengan baik. 

Kerap Dijodohkan Sama Ariel NOAH, Dina Lorenza: Dia Baik, Perfeksionis

Tentunya, rekan kerja yang berkualitas akan memberikan hasil yang baik juga ketika diajak bekerja sama. Sebaiknya, lingkungan kerja kita diisi oleh tujuh orang ini agar pekerjaan kita bisa berhasil dan sukses. Berikut ini Cermati.com menjabarkan karakter-karakter rekan kerja yang pasti ada di kantor Anda.

1. Rekan kerja pemberi semangat

Rahasia Sukses di Tengah Ketidakpastian: Ramalan Zodiak Karier 6 Februari 2024

Tentu akan merasa senang bukan jika kita memiliki teman yang selalu berpikiran positif dan selalu memberikan semangat ketika kita sedang berada di bawah. Sama halnya seperti kebahagiaan kita karena mendapat dukungan dari orang tua, kekasih, dan sahabat, rekan kerja yang selalu memberi semangat seperti ini akan membuat kita menjadi pribadi yang pantang menyerah.

2. Rekan kerja pemberi nasihat

Kita memiliki rekan kerja yang sering memberikan nasihat, dengan maksud bukan untuk menggurui, tetapi sama-sama memahami mana cara yang terbaik untuk bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Rekan kerja yang sering memberikan nasihat seperti ini adalah salah satu orang yang wajib ada di lingkungan kantor kita.

3. Rekan kerja menjadi partner

Anda juga bisa mencari rekan kerja yang bisa selalu mengimbangi Anda. Anda dan dia akan saling melengkapi ketika harus menyelesaikan sebuah pekerjaan. Saat Anda ada kekurangan, rekan kerja Anda bisa mem-back-up-nya. Begitu juga sebaliknya.

Rekan kerja seperti ini bisa dibilang sebagai partner yang bukannya saling menjatuhkan, tetapi justru saling mendukung untuk suksesnya sebuah pekerjaan.

4. Rekan kerja yang tidak cepat berpuas hati

Rekan kerja seperti ini biasanya adalah seseorang yang memiliki prestasi kerja yang tinggi dan memiliki rival yang sehat di kantor. Rekan kerja yang seperti ini, nantinya akan memacu Anda untuk sama-sama membuat prestasi unggul.

5. Rekan kerja kolaborator

Rekan kerja yang bisa menjadi seorang kolaborator juga sangat dibutuhkan di lingkungan kantor kita. Rekan kerja ini akan selalu siap membantu dan memberikan feedback atas ide yang kita miliki, sehingga kita bisa menyelesaikan pekerjaan sama-sama dengan maksimal.

6. Rekan kerja juri

Kita tidak pernah tahu apakah kinerja kita sudah benar-benar maksimal di kantor. Mungkin saja masih banyak hal yang harus kita perbaiki agar prestasi kerja kita juga bisa meningkat. 

Sebaiknya, Anda memiliki rekan kerja yang bisa menjadi juri atas penilaian pekerjaan Anda. Mereka akan selalu memberikan kritik dan saran yang membangun untuk karier yang lebih cemerlang.

7. Rekan kerja nyinyir

Kenapa kita harus merasa sedih saat ada orang yang nyinyir kepada kita? Walaupun rekan kerja kita sendiri. Apabila ada rekan kerja yang seperti ini, sebaiknya jangan dijauhi, namun harus didekati. 

Nyinyiran rekan kerja Anda ini, seharusnya bisa memacu Anda untuk terus menjadi pribadi atau pekerja yang baik agar nyinyiranya itu sama sekali tidak terbukti.

Jaga hubungan baik dengan rekan kerja secara profesional

Lingkungan tempat bekerja kita ibaratkan sebuah keluarga yang memiliki tujuan sama untuk bisa memajukan perusahaan. Bagaimanapun karakter rekan-rekan kerja kita, sebaiknya jadikan motivasi tertentu untuk kita agar memiliki karier yang lebih baik, dan bisa bekerja sama dengan menjaga hubungan baik secara profesional bersama mereka untuk kesuksesan bersama. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya