Benarkah Anda Wanita Karier? Ini Ciri-cirinya

Wanita Karir
Sumber :
  • inmagine.com

VIVA.co.id – Siapa bilang posisi tertinggi hanya bisa diraih para pria? Adanya emansipasi wanita membuat kedudukan pria dan wanita sejajar. 

Tips Jitu Agar Tak Keteteran Bila Punya Pekerjaan Sampingan

Terlebih lagi pada era modern seperti sekarang. Sudah banyak kaum wanita yang menduduki posisi tertinggi di perusahaan ataupun pemerintahan. 

Buktinya adalah Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan saat ini. Walaupun tidak punya ijazah sarjana, ia menjadi orang yang diperhitungkan. Hal ini didukung karena skill-nya yang mumpuni.

Delapan Pekerjaan yang Bakal Digantikan Robot di Masa Depan

Wanita sukses dan pekerja keras kerap ditemui dalam diri wanita karier. Apakah diri Anda termasuk salah satu di antara wanita karier tersebut? Berikut ini ulasan dari Cermati.com, ciri-ciri yang menandakan kalau Anda adalah seorang wanita karier.

1. Menganggap waktu sama berharganya dengan uang

Tak Banyak yang Tahu, Ini Saat Tepat untuk Punya Asuransi Jiwa

Menganggap waktu sama berharganya dengan uang adalah salah satu prinsip yang saat ini berlaku pada diri orang yang menekuni kariernya. Setiap detik jarum jam yang berputar sangatlah berarti. Bahkan, waktu 15 menit saja bisa memengaruhi hidup Anda ke depannya. Misalnya, saat mengikuti wawancara kerja.

Jika Anda seorang wanita karier, Anda akan memposisikan waktu sebagai kunci keberhasilan. Karena dalam tenggang waktu tertentu, Anda bisa membuat project dan menghasilkan uang. 

Wanita karier sangat percaya bahwa apa yang dilakukannya saat ini berbuah manis ke depannya. Karena itu, ia tidak akan berhenti ketika belum mencapai puncaknya. Ia cenderung bekerja lebih keras hingga semua pekerjaan tuntas. Tidak ada waktu untuk bermalas-malasan bagi wanita karier.

2. Memandang tantangan sebagai cara untuk menjadi lebih baik

Orang yang mudah menyerah akan selalu menghindari setiap tantangan. Namun, ini tidak terjadi pada wanita karier. Sebab mereka sangat senang dengan tantangan. 

Setiap tantangan yang ada akan dihadapi dengan rasa senang dan enjoy. Wanita karier juga tidak mudah menyerah pada sebuah tantangan. Apalagi jika harus menyerah sebelum mencoba.

Wanita karier tidak memandang dirinya lemah saat gagal dalam tantangan. Namun, lebih merenung dan berbicara kepada dirinya sendiri. 

Mereka juga cenderung bangkit dan belajar dari kegagalan tersebut. Mereka percaya bahwa kesuksesan berawal dari sebuah kegagalan.

3. Menerapkan pola hidup sehat dalam keseharian

Kerjaan menumpuk membuat waktu tidur wanita karier terbatas. Hal ini membuatnya sering kurang tidur dan berujung pada berkurangnya stamina tubuh. 

Agar hal tersebut tidak terjadi, wanita karier akan selalu menyempatkan waktunya untuk mengonsumsi makanan sarat gizi dan rutin berolahraga. 

Wanita karier selalu mengonsumsi makanan sehat, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, susu, daging segar, kacang-kacangan, dan minum vitamin. Mereka percaya makanan tersebut sangat berpengaruh pada pola pikir dan hasil kerja nantinya. 

Olahraga yang dilakukan pun sangatlah sederhana, seperti jogging atau gerakan pemanasan pada pagi hari.

4. Selalu tampil modis sekalipun bekerja

Walaupun sibuk, wanita karier masih memerhatikan penampilannya. Ya, selalu berpakaian modis merupakan ciri wanita karier. 

Apa yang mereka pakai menunjukkan kepribadian mereka. Wanita karier juga cenderung up to date untuk masalah fasyen.

Para pria yang ingin mendekatinya wajib tahu fesyen juga ya. Harus bisa tampil sempurna dari ujung kaki hingga kepala. Intinya, pria harus bisa menyeimbangkan dirinya dengan wanita karier tersebut.

5. Tidak terlalu memusingkan hubungan percintaan

Wanita karier cenderung lebih fokus pada pekerjaan ketimbang pasangan hidupnya. Ia selalu berpikiran bahwa jodoh pasti akan datang. 

Lagi pula, datangnya jodoh adalah misteri kehidupan yang tak tahu kapan datangnya. Kalau belum ada sekarang, untuk apa dipusingkan?

Waktu yang dihabiskan untuk bekerja membuat wanita karier tidak sempat melirik-lirik pria. Menghubungi keluarga saja jarang, bagaimana pula menghubungi pacar? Ya, bagi wanita karier “I’m single, I’m very happy.” Jadi, semua dijalani saja sebagaimana mestinya.

6. Teman kerja adalah teman akrabnya

Waktu yang dihabiskan di kantor membuat wanita karier sulit untuk membangun jaringan di luar kantor. Wanita karier cenderung bepergian dengan teman kantor ketimbang yang teman lainnya. 

Belanja, nonton bioskop, dan nongkrong dilakukan bersama teman kerja. Lagi pula teman kerja lebih mengerti dirinya ketimbang orang lain.

Namun, wanita karier juga harus berhati-hati. Sebab, tidak semua teman kerja itu baik. Pilihlah siapa saja yang cocok dijadikan teman curhat dan siapa saja yang hanya sebagai teman bersenang-senang. Jangan sampai salah memilih teman. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya