Menko Darmin Rombak Jajaran BP Batam

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution.
Sumber :
  • Chandra Gian Asmara/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution memutuskan untuk merombak habis-habisan Dewan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (PBPB) Batam. Darmin yang juga Ketua PBPB Batam memiliki alasan tersendiri untuk merombak kepengurusan BP Batam.

Beri Kemudahan Berinvestasi, BAT Apresiasi BP Batam

“Kita harus mengambil langkah perubahan, dan mengganti personel BP Batam,” kata Darmin, saat ditemui dikantornya, Jakarta, Senin malam, 16 Oktober 2017.

Darmin menjelaskan, perombakan tersebut dilakukan, karena jajaran BP Batam dianggap tidak mampu membangun komunikasi yang baik dengan pemerintah daerah, maupun pemangku kepentingan lainnya. Alhasil, perekonomian di kawasan tersebut terbilang belum terlalu menggembirakan.

Kembangkan Kawasan Batam, Menko Perekonomian Serahkan Dua PP KEK

Atas dasar alasan tersebut, mantan Gubernur Bank Indonesia itu memutuskan merombak jajaran BP Batam. Menko Darmin menunjuk Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yTeknisang juga menjabat sebagai Ketua Tim Teknis Dewan Kawasan Lukita Dinarsyah Tuwo sebagai Kepala BP Batam baru.

“Iya benar pak Lukita,” kata Darmin mengkonfirmasi penunjukan Lukita.

Sirkuit Balap Bertaraf Internasional Akan Dibangun di Batam

Hal senada turut dikemukakan Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun. Usai rapat koordinasi, Nurdin tak memungkiri, bahwa jajaran BP Batam tak mampu memberikan dampak bagi perekonomian setempat. Maka dari itu, diperlukan restrukturisasi jajarab BP Batam.

Dibawah tangan dingin Ketua BP Batam yang baru, Nurdin berharap, kawasan Free Trade Zone tersebut dapat mengundang minat investasi dari para penanam modal yang sudah ada, maupun yang berkeinginan masuk ke kawasan tersebut. Dalam waktu dekat, penunjukan itu pun akan diagendakan secara resmi.

“Mudah-mudahan ini berita gembira, dan mudah-mudahan nanti ada investor baru,” katanya.

Berikut susuan jajaran BP Batam baru :

1. Ketua BP Batam : Lukita Dinarsyah Tuwo

2. Anggota I Deputi Bidang Administrasi dan Umum : Purwiyanto

3. Anggota II Deputi Bidang Perencanaan dan Pengembangan : Yusmar Anggadinata

4. Anggota III Deputi Bidang Pengusahaan Sarana Usaha : Dwianto Eko Winaryo

5. Anggota IV Deputi Bidang Pengusahaan Sarana dan Lainnya : Mayjen TNI Eko Budi Soepriyanto

6. Anggota V Deputi Bidang Pelayanan Umum : Bambang Purwanto

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya