Bursa Kabinet 2009-2014

Mengapa Mari Pangestu Masih Diincar SBY

VIVAnews - Sejumlah nama diperkirakan akan tetap dipertahankan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk membantunya di kabinet 2009 - 2014.

Salah satu nama yang bakal dipertahankan adalah Mari Elka Pangestu sebagai Menteri Perdagangan. Menteri Perindustrian Fahmi Idris sebelumnya mendengar bahwa Mari Pangestu merupakan salah satu menteri yang dipertahankan.

Hal yang sama diungkapkan oleh Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi. Menurut dia, Mari Pangestu adalah calon terbaik untuk posisi Menteri Perdagangan dan paling memenuhi syarat. Mari bukan sekadar memiliki gelar dan keahlian sebagai doktor ekonomi bidang perdagangan internasional.

"Namun, Mari sudah dikenal luas di lingkungan internasional," katanya. Mari menjadi pemimpin Kelompok Negara 77 yang mewakili Asia, Afrika dan Amerika Latin dalam negosiasi di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Mari membawa nama Indonesia semakin dikenal di luar negeri. "Mari menjadi pemimpin untuk menghadapi WTO."

Mari, kata dia, juga menjadi menteri yang berperan besar dalam menjajaki kerja sama perdagangan bebas seperti dengan Jepang, China, Asean, dan Australia. "Dia dikenal dan dihargai menteri-menteri negeri lain."

Sumber VIVAnews menyebutkan setidaknya ada empat alasan utama mengapa Mari Pangestu masih diincar SBY. Pertama, soal kapasitas. Kedua, mewakili etnis Tionghoa. Ketiga, mewakili perempuan. Keempat, Mari adalah seorang doktor di bidang perdagangan internasional.

Sebelum menjabat Menteri Perdagangan periode 2005-2009, Mari dikenal sebagai ekonom yang menjabat direktur eksekutif Center for Strategic and International Studies (CSIS). Puteri ekonom kondang Panglaykim, ini telah mendunia dan sering dimintai pendapatnya oleh sejumlah lembaga keuangan internasional.

Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ini mendapat gelar Master of Arts dalam bidang Microeconomics, Macroeconomics, International Trade, Economic Development & Accounting dari Australian National University, Canberra (1980). 

Hitung-hitungan Penghasilan Tukang Parkir Liar di 22 Hari Kerja, di Atas UMP Yogya

Sedangkan, gelar doktor diperolehnya dalam bidang International Trade, Finance & Monetary Economics dari Universitiy of California, Davis (1986).

heri.susanto@vivanews.com

Emas Antam.

Harga Emas Hari Ini 6 Mei 2024: Produk Antam dan Global Melorot

Harga emas internasional merosot pada pembukaan perdagangan hari ini seiring dengan penguatan dolar AS.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024