Jika Masuk Bursa, Kapitalisasi Pasar PLN Bisa Sangat Besar

Menteri ESDM, Ignasius Jonan.
Sumber :

VIVA – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengungkapkan, kapitalisasi pasar PT Perusahaan Listrik Negara akan sangat besar jika bisa melantai di Bursa Efek Indonesia. Sebab, perusahaan pelat merah di sektor kelistrikan itu memiliki pendapatan yang besar.

Rencana PLN Bisa Memperoleh Subsidi Harga Gas Dipertanyakan

"Misalnya PLN kalau listing. Kalau melihat semua electricity company di dunia itu, PER (Price to Earning Ratio)-nya kira-kira 30 kali. Jadi, kalau listing mungkin bisa mencapai Rp500 triliun market cap-nya. Itu baru PLN saja. Mudah-mudahan di kemudian hari bisa lebih terbuka," kata Jonan di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa 7 November 2017.

Jonan mengatakan, perusahaan di sektor energi ke depannya diimbau untuk punya program ke depan melantai di Bursa Efek Indonesia. Selain memberi dampak yang baik bagi perusahaan, bursa saham Indonesia juga menjadi semakin menarik.

Jadi Dirut PLN, Zulkifli Zaini Mundur dari Komisaris Bank Permata

"Sehingga BEI menjadi lebih menarik dan lebih besar," ujar dia.

Menurut Jonan, dengan semakin banyaknya perusahaan di sektor energi dan pertambangan akan mendorong kinerja perusahaan itu sendiri. Khususnya, dari sisi transparansi dan pembayaran pajak akan semakin jelas

PLN Ungkap Murahnya Tarif Listrik untuk Kendaraan Dibanding BBM

"Kami sendiri mendorong bahwa transparansi itu menurut kami penting sekali, sehingga masalah pembayaran pajak, akuntabilitas bisa lebih baik," ujarnya.

PLN dinobatkan jadi perusahaan listrik terbaik se-Asia Tenggara dan Asia Selatan mendukung transisi ekonomi rendah karbon

Keren, PLN Jadi Perusahaan Listrik Terbaik Asia Tenggara dan Selatan

PLN terpilih dari 50 perusahaan listrik di dunia dengan capaian apik.

img_title
VIVA.co.id
8 Juli 2020