Jokowi Tegaskan Tetap Ngotot Bernegosiasi dengan Freeport

Presiden Jokowi
Sumber :
  • Viva.co.id/Agus Rahmat

VIVA – Pemerintah telah merevisi target pengambilalihan 51 persen saham PT Freeport Indonesia, Dari yang sebelumnya ditargetkan rampung akhir 2018 menjadi kuartal pertama 2019. Alotnya negosiasi pemerintah dan Freeport, yang sudah berjalan selama berbulan-bulan, menjadi salah satu penyebab penundaan tersebut.

Jokowi Kumpulkan Menteri Bahas Revisi PP Tambang hingga Perpanjangan Kontrak Freeport

Saat membuka Kongres Trisakti Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) ke-20 di Manado, Rabu 15 Nopember 2017, Presiden Joko Widodo kembali mengungkapkan kontribusi Freeport masih kecil terhadap rakyat Indonesia. Apalagi perusahaan Amerika Serikat Tersebut sudah puluhan tahun beroperasi.  

“Minta 51 persen (Divestasi saham) saja kok takut," ujar Jokowi. 

Menteri ESDM Optimistis Smelter Freeport Beroperasi Juni 2024

Dia pun menegaskan, pemerintah tetap akan mendorong divestasi saham tersebut. Prosesnya pun akan dilakukan dengan prosedur yang tepat dan, sehingga tidak merugikan negara. 

"Jangan mundur, terus tapi saya yakin bisa dapat. Kalau kita ragu akan terus dimainin,” tambahnya. 

Kunjungi Smelter Freeport di Gresik, Menaker Tekankan Pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Negosiasi antara pemerintah dan Freeport sampai saat ini masih berjalan. Tidak hanya mengenai divestasi saham, proses negosiasi itu juga membahas masalah perpajakan. (ren)

Gereja dan masjid

Viral Penampakan Masjid dan Gereja Berada di Kedalaman 1.760 Meter Perut Bumi

Masjid Baabul Munawwar satu ini menjadi salah satu sebuah masjid yang dibangun pada kedalaman 1.760 meter di bawah permukaan bumi di daerah pertambangan PT Freeport Papua

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024