Jokowi Ibaratkan Bangun Papua Seperti Telur dan Ayam

Presiden Jokowi ketika meninjau pembangunan jalan Trans Papua dengan motor Trail
Sumber :
  • Biro Setpres

VIVA – Presiden Joko Widodo, membeberkan alasannya kenapa harus membangun infrastruktur di Papua. Hal Itulah yang dilakukannya saat ini, misalnya membangun jalan lintas Papua. 

Siapkan Pembangunan 20 Tahun Mendatang, Bappenas Susun RIPP Papua

Jokowi mengatakan, ia sempat mendapat pertanyaan apakah dengan pembangunan infrastruktur di Papua, benar-benar bisa menumbuhkan ekonomi provinsi itu. 

"Inikan kayak telur sama ayam. Dibantu dulu jalannya, kemudian ekonomi tumbuh, atau menunggu ekonomi tumbuh (baru infrastruktur)," jelas Jokowi, di DPD RI, Senayan Jakarta, Jumat 17 November 2017.

Harbak PU ke-76, Basuki Ajak Insan PUPR Berkontribusi Pulihkan Ekonomi

Kepala negara ingin, dengan fokus pemerintah pada sektor infrastruktur, terutama di daerah Papua, harusnya mendapat dukungan oleh DPD. Bukan malah dipertanyakan. 

"Tentu saja, mestinya DPD ini memberikan dukungan kalau kita membangun daerah daerah. Jangan kita membangun Trans Papua, malah ada DPD menyayangkan untuk apa itu," kata Jokowi. 

Usai Temui Penguasa Abu Dhabi, Jokowi Tinjau Pembangunan Infrastruktur

Mengingat kesenjangan antara Indonesia bagian barat, tengah dan timur sangat jauh. Karena itu, kata Jokowi, infrastruktur di wilayah timur harus di kebut. 

Agar, pembangunan merata di seluruh Indonesia. Tidak hanya berpusat pada Jawa saja. 

"Bukan hanya masalah ekonomi, tetapi masalah keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," tegasnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya