Orang-orang yang Tepat untuk Curhat Masalah Keuangan

Ilustrasi laporan keuangan
Sumber :
  • www.pixabay.com/Pexels

VIVA – Masalah keuangan termasuk hal sensitif bagi banyak orang. Problem itu kadang muncul karena  yang bersangkutan kurang bisa mengatur keuangan dengan benar, padahal daftar keinginan mereka masih panjang. 

Marshanda Blak-blakan Ngaku Kesulitan Keuangan Hingga Ngutang untuk Pengobatan

Masalah keuangan juga sebaiknya dibicarakan dengan orang terdekat supaya mereka mengetahui apa yang terjadi pada keuangan Anda. Dengan begitu, nantinya bisa menjadi bahan renungan untuk menjadikan keuangan lebih baik lagi.

Membicarakan masalah keuangan ini sebenarnya cukup sulit. Terlebih respons seperti apa yang akan Anda dapat nanti jika membicarakannya dengan kerabat dekat, mungkin mereka masih bisa memaklumi dan mereka bisa memberi pinjaman kepada Anda dengan cukup mudah. 

Sempat Kesulitan Ekonomi, Jeje Slebew Blak-blakan Soal Keuangannya

Namun, bagaimana tanggapan teman Anda? Mungkin mereka juga sedang ada kebutuhan sehingga anggapan mereka bisa negatif terhadap Anda. Berikut ini saran dari Cermati.com soal lima pihak yang tepat dan perlu diajak bicara soal masalah keuangan.

1. Bicarakan dengan pasangan
  
Jika saat ini Anda sudah memiliki pasangan atau sudah berumah tangga, setiap kali ada masalah keuangan tentunya harus mendiskusikan hal tersebut dengan pasangan. 

Jessica Iskandar Alami Masalah Keuangan, Begini Reaksi Nia Ramadhani

Mendiskusikan hal tentang keuangan, seperti menabung, investasi, dan bagaimana mencatat pengeluaran setiap bulannya, perlu dibicarakan sejak dini dengan pasangan. Dengan begitu, tujuan keuangan kalian berdua akan jelas dan terarah.

2. Diskusikan dengan sahabat

Memiliki sahabat merupakan anugerah yang harus dijaga. Mungkin saat ini sahabat Anda ada yang bekerja dan memiliki gaji atau pendapatan yang lebih tinggi. 

Sebaiknya, berbagi saja dengan sahabat tentang bagaimana cara mengelola keuangan dengan benar. Anda dan sahabat juga bisa saling berbagi dan bercerita tentang gaya hidup satu sama lain.

3. Atasan di kantor

Atasan Anda juga bisa diajak bicara soal keuangan ketika merasa atasan Anda kurang maksimal dalam memberikan gaji. Padahal, kinerja Anda sudah maksimal dibandingkan karyawan baru lainnya yang memiliki job desk yang sama. 

Saat situasi seperti itu, boleh membicarakan hal ini kepada atasan secara langsung. Mintalah pertimbangan dari pihak atasan, berdasarkan pengalaman kerja yang sudah pernah dilakukan.

4. Minta petunjuk orang tua

Orang tua akan selalu ada dalam daftar orang penting yang harus diajak bicara soal keuangan Anda. Orang tua pasti akan mendukung, terlebih jika uang tersebut akan digunakan untuk sesuatu yang bermanfaat, seperti untuk membuka usaha dan juga untuk pendapatan menjelang pernikahan. 

Coba mintalah banyak saran dari orang tua mengenai cara mengelola keuangan dengan baik dan benar.

5. Gunakan jasa financial adviser

Jasa financial adviser tentunya penting bagi siapa saja yang menjadi kliennya. Saat ini bila ingin menggunakan jasa tersebut, akan dikenakan biaya tambahan yang cukup membuat Anda tidak bisa menghindar dari hal tersebut. 

Walaupun begitu, jasa financial adviser ternyata mampu memandu Anda dalam mengambil keputusan hidup, seperti membeli rumah baru, mobil baru, ataupun tujuan masa depan lainnya.

Bicarakan masalah keuangan dengan cukup detail

Saat membicarakan masalah keuangan, baik itu dengan pasangan maupun beberapa orang yang telah disebutkan tadi, dapat disimpulkan bahwa ketika membicarakan soal keuangan, mereka harus mengetahui dulu Informasi keuangannya secara detail. 

Jika sudah memahami, mereka juga akan bisa menolong Anda sebisa mungkin dalam meringankan beban keuangan Anda. Jangan lupa berterima kasih untuk setiap pertolongan keuangan yang diberikan. (ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya