Menhub Klaim Kereta Bandara Sanggup Kurangi 30 Persen Mobil

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, memeriksa kesiapan pengoperasian kereta khusus jalur dari dan menuju Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten, pada Kamis, 23 November 2017.
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, memeriksa kesiapan pengoperasian kereta khusus jalur dari dan menuju Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten, pada Kamis 23 November 2017.

KAI Commuter Sebut Tak Ada Korban Dalam Insiden Kereta Bandara Tabrak Stasiun Bandara Soetta

Jalur kereta itu melintasi sejumlah stasiun di Jakarta dan Tangerang sampai Bandara, antara lain Stasiun Sudirman Baru - Stasiun Duri - Stasiun Batu Ceper - Stasiun Bandara Soekarno-Hatta. Total jaraknya 36,4 kilometer, dengan waktu tempuh perjalanan kereta hanya 30 menit.

Menteri memperkirakan, moda transportasi massal itu dapat mengangkut ribuan orang per hari dari Jakarta menuju Bandara atau sebaliknya. Diharapkan, dapat mengurangi sekira 30 persen pengguna mobil pribadi dari dan menuju Bandara.

Kereta Bandara Tabrak Batas Aman Stasiun Bandara Soetta Akibatkan Kaca Pecah

"Dengan adanya kereta ini, kita harapkan 30 persen orang yang akan menuju ke Bandara pindah ke kereta api, bukan pakai kendaraan pribadi lagi. Kita yakin, bisa digunakan oleh masyarakat karena memang kereta api sangat digemari," kata Menteri.

Namun, katanya, pada awal operasional kereta akan melayani penumpang di dua stasiun, yaitu Stasiun Sudirman Baru dan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta. Sedangkan tiga stasiun lain, masih dalam tahap pembangunan.

Railink Resmi Lepas Operasional KA Bandara Soekarno-Hatta ke Kereta Commuter Indonesia

"Nantinya, terus akan berlanjut rute-rute yang sedang digagas, agar setiap masyarakat ingin ke Bandara bisa menggunakan kereta, tidak lagi jalan raya," katanya.

Presiden Jokowi pimpin Rapat Kabinet di Istana Merdeka, Jakarta

Ingin Diintegrasikan, Jokowi Minta Transportasi Publik Harus Mudah dan Nyaman

Kata Presiden Jokowi, wiilayah Jakarta sudah memiliki sejumlah moda transportasi publik sehingga perlu dilakukan pengintegrasian agar masyarakat merasa nyaman menggunakan

img_title
VIVA.co.id
27 September 2023