Menhub Lakukan Ramp Check Bus Jelang Libur Akhir Tahun

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat melakukan ramp check bus.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Putri Firdaus

VIVA – Menjelang libur Natal dan Tahun Baru, Kementerian Perhubungan melakukan ramp check atau pemeriksaan lapangan terhadap bus angkutan umum baik penumpang maupun barang. Pemeriksaan dilakukan serentak di seluruh daerah.

Sopir Bus Dianjurkan Tak Berkendara Lebih dari 4 Jam saat Antar Pemudik

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, datang menghadiri pemeriksaan ini di kawasan Ancol, Jakarta, Sabtu, 25 November 2017. Sebanyak 25 bus diperiksa kelengkapan surat hingga kesehatan sopirnya.  

Menurutnya, inspeksi akan meningkatkan keamanan buat penumpang. Sehingga angkutan massal lebih aman digunakan, angka kecelakaan dapat ditekan.

Begini Cara Memilih Angkutan Bus yang Laik Jalan

"Tahun 2016-2017 kita sudah punya upaya (ramp check), improvement-nya tinggi sekali kurang lebih kita bisa mengoreksi 20-30 persen, terutama saat Lebaran kemarin," kata Budi.

Kemenhub menargetkan, angka kecelakaan bus turun 30 persen. Diharapkan semakin banyak masyarakat yang menggunakan angkutan massal dan macet dapat dikurangi di masa-masa liburan.

Layani Angkutan Lebaran Perdana, Bandara Kertajati Angkut 1.900 Orang per Hari

"Saya mengapresiasi kegiatan (ramp check) ini agar bisa memberikan level of service, level of security, dan level of safety daripada angkutan darat agar menjadi lebih bagus," kata dia. (one)

[dok. Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub]

Kemenhub Tambah Kapal di Rute Panjang-Ciwandan Demi Urai Arus Balik Mudik, Catat Jadwalnya!

Langkah itu untuk membantu mengurai kepadatan lalu lintas pada arus balik mudik Lebaran 2024 di ruas penyeberangan Bakaheuni-Merak.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024