Bandara Bali dan Lombok Ditutup, Ini Imbauan AP II

Penumpukan Penumpang Garuda
Sumber :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma

VIVA – Ratusan pembatalan penerbangan baik dari dan menuju Jakarta-Bali ataupun Jakarta-Lombok membuat pihak Angkasa Pura II mengeluarkan imbauan bagi para penumpang dan maskapai. Imbauan tersebut guna mencegah adanya penumpukan yang terjadi di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

Erick Thohir Sebut Karpet Bandara Soetta Jelek, Ini Respons AP II

Branch Communication Manager Bandara Soekarno-Hatta Dewandono Prasetyo Nugroho mengatakan, pihaknya mengimbau agar maskapai dapat memberikan solusi bagi para penumpang yang sudah memiliki tiket.

"Untuk kami sendiri hanya bisa melakukan koordinasi dengan maskapai akan pembatalan ini. Untuk fasilitas yang kami sediakan bagi para penumpang yang mengalami pembatalan biasa saja, fasilitas yang ada di setiap terminal dan sesuai dengan SOP, itu yang kami berikan," ungkapnya, Senin, 27 November 2017.

AP II Targetkan 20 Bandaranya Pakai PLTS di 2025

Dalam koordinasi tersebut diketahui, pihak maskapai akan melakukan refund ataupun reschedule akan nasib dari para penumpang.

"Tadi, kita sudah koordinasi beberapa maskapai, ada yang melakukan refund atau penjadwalan ulang penerbangan. Dan sementara waktu itu, kami juga koordinasi nasib penumpang selama berada di Bandara, apakah mereka diberikan penginapan atau tidak," terangnya.

Bandara Soekarno Hatta Masuk Daftar 10 Bandara Tersibuk di Dunia

Ia juga menuturkan, terdapat satu penerbangan internasional yang telah berkoordinasi dengan pihaknya terkait proses penerbangan.

"Ada satu maskapai hari ini mendarat di Bandara Soetta. Maskapai ini langsung menuju ke Bali, namun karena adanya status awas, penerbangan tersebut akhirnya menuju ke Jakarta. Di sini pun pihak maskapai bertanggung jawab dengan memberikan penginapan pada para penumpang," jelas Pras.

Diketahui, abu vulkanik dari Gunung Agung, Karangasem, Bali mengakibatkan dua bandara internasional ditutup yakni, Bandara Ngurah Rai dan Lombok dengan 111 pembatalan penerbangan Jakarta-Bali dan Jakarta-Lombok. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya