Cara Bekraf Mudahkan Pengusaha Kreatif Dapatkan Modal

Kepala Bekraf Triawan Munaf
Sumber :
  • VIVA/Ikhwan Yanuar

VIVA – Sebagai lembaga yang ditunjuk pemerintah untuk mengembangkan industri kreatif di Indonesia, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) juga bertanggung jawab untuk memudahkan jalan pelaku industri kreatif dalam penyediaan dana atau modal.

Sandiaga Uno: Saya Tidak Setuju Badan Ekonomi Kreatif Dilebur

"Harus berimbang, bukan kreatifnya saja tapi juga ekonominya. Tugas utama kami adalah menciptakan ekosistem pembiayaan yang lebih baik pada industri kreatif Indonesia," ujar Wakil Kepala Bekraf Ricky J Pesik saat konferensi pers Bekraf Investor Forum di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Kamis 30 November 2017.

Ricky menambahkan bahwa industri kreatif adalah sebuah ekonomi baru yang memerlukan cara-cara baru dalam mengakses pembiayaan atau permodalan. Karena itulah Bekraf menggelar Bekraf Investor Forum yang mempertemukan pelaku ekonomi kreatif dengan sumber pembiayaan non-perbankan, termasuk investor.

Bikin Film di Indonesia Kini dapat Cashback Pajak

"Masalah pembiayaan tidak terus berputar pada mendapatkan dana dari perbankan, tapi mempertemukan dengan investor sebagai modal pengembangan industri kreatif," imbuhnya.

Sebelum penyelenggaraan acara ini, Bekraf sudah melaksanakan Ekraf Investment Readiness Level (ERL) untuk subsektor fesyen, aplikasi dan pengembang permainan (gim), kriya, dan kuliner. ERL adalah alat ukur untuk mengukur kesiapan inovasi keempat subsektor itu sekaligus mengantisipasi langkah inovasi, siklus hidup teknologi, sekaligus persaingan pasar.

Bidik Pengembangan Animasi Nasional, Bekraf Ungkap Hambatannya

Keterlibatan praktisi, pemberi modal, dan peneliti yang difasilitasi Bekraf ini diharapkan menjadi stimulasi kolaborasi lintas sektor yang mendukung percepatan pengembangan ekonomi kreatif dengan meningkatnya akses permodalan non-perbankan. (one)
 

Gibran Rakabuming Raka di Bandung

Gibran Mau Kasih Panggung Buat Musisi Lokal

Calon Presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan keinginannya untuk memberikan panggung sebanyak-banyaknya pada musisi-musisi lokal. Hal ini ia sampaikan

img_title
VIVA.co.id
30 Januari 2024