Jelang Libur Akhir Tahun, 60 Persen Kendaraan Umum Tak Laik

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat melakukan ramp check bus.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Putri Firdaus

VIVA – Jajaran Kementerian Perhubungan telah melakukan kegiatan ramp check terhadap kendaraan menjelang Natal dan Tahun Baru 2018, di seluruh kabupaten dan kota di Indonesia.

Kemenhub Tambah Kapal di Rute Panjang-Ciwandan Demi Urai Arus Balik Mudik, Catat Jadwalnya!

"Kita juga akan menyelenggarakan ramp check kembali untuk bus, termasuk bus wisata. Kemarin sudah sekira 800 kendaraan yang dilakukan check," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin, 11 Desember 2017.

Dari hasil pengecekan terhadap kendaraan di berbagai daerah di Indonesia, ditemukan banyak kendaraan yang masih melakukan pelanggaran.

Sopir Bus Dianjurkan Tak Berkendara Lebih dari 4 Jam saat Antar Pemudik

Kata dia, kendaraan yang melanggar itu terkait masalah administrasi, misalnya mungkin kartu pengawasan sudah mati, ada juga masalah rem dan lampu sen kendaraan yang tidak berfungsi dengan baik.

"Kalau prosentase, memang dari sekian kendaraan itu ada sekira 60 persen boleh kita katakan ada pelanggaran yang harus kita lakukan penindakan," ujarnya.

Begini Cara Memilih Angkutan Bus yang Laik Jalan

Untuk itu, Budi juga meminta kepada setiap pemilik kendaraan agar memperbaiki dan melengkapi kendaraannya jelang Natal dan Tahun Baru 2018.

"Kepada kendaraan bus dan truk yang tidak memenuhi persyaratan itu kita tilang," ujarnya. (ren)

Presiden Jokowi Resmikan Bandara Panua Pohuwato, Gorontalo

Jokowi Resmikan Bandara Panua Pohuwato Gorontalo Senilai Rp437 Miliar

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bandara Panua Pohuwato di Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo pada Senin, 22 April 2024. Menurut dia, proyek bandara ini memak

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024