Jalan Tol Jakarta-Merak Bakal Dilapisi Aspal Plastik

Ilustrasi aspal campuran
Sumber :
  • Dokumentasi Kementerian PUPR.

VIVA – Ruas Jalan Tol Tangerang-Merak pada kilometer 43 arah Merak, Banten, akan segera dilapisi aspal berbahan dasar sampah plastik. Pengerjaan akan mulai dilakukan pada pertengahan Desember mendatang.

69.930 Kendaraan Tinggalkan Jakarta Via Tol Cikampek saat Puncak Libur Natal 2023

"Rencana ini sudah lama, Desember ini akan diterapkan di KM 43, yakni kawasan rest area arah ke Merak," ujar Direktur Teknik dan Operasi pada PT Marga Mandalasakti, Sunarto Sastro Wiyoto, Rabu13 Desember 2017.

Sunarto menjelaskan, penerapan aspal berbahan plastik tersebut nantinya akan di uji coba pada kawasan pinggir ruas tol yakni, akses pintu masuk dan di rest area.

Wanita Jalan Kaki Sendirian Saat Hujan di Tol Jakarta-Merak

"Penerapan aspal plastik ini merupakan salah satu upaya mengatasi polusi plastik di Tanah Air, karena memproduksi banyak sampah plastik seperti plastik kresek menjadi plastik paling tidak termanfaatkan, sehingga mencemari lingkungan dan diubah menjadi bahan aspal," terangnya.

Diketahui, penerapan aspal plastik di jalan tol baru bisa dilakukan pada akses masuk jalan tol dan rest area. Setelah melakukan uji coba di jalan tol Tangerang-Merak, penerapan aspal plastik akan dilanjutkan ke Medan dan Surabaya.

Urai Kepadatan Kendaraan Pemudik, Polri Siapkan Skema Delay di Rest Area Tol Jakarta-Merak
Kemacetan Panjang Terjadi Hingga Keluar Pelabuhan Merak

Jalur Cikuasa Arah Pelabuhan Macet Panjang, Kendaraan Mengular hingga ke Tol Merak

Jalan Cikuasa Atas dijadikan kantung parkir kendaraan pemudik, sebelum masuk ke dalam Pelabuhan Merak. Akibatnya, kemacetan panjang terjadi hingga ruas Tol Tangerang

img_title
VIVA.co.id
6 April 2024