Fitch Turunkan Peringkat Obligasi Pakuwon

VIVAnews - Lembaga pemeringkat, Fitch Ratings, menurunkan peringkat nasional jangka panjang dari CC (idn) menjadi C (idn) untuk PT Pakuwon Jati Tbk (PWON).

Geger Penemuan Fosil Ular Lebihi Ukuran T-rex, Begini Bentuknya

Sementara itu, peringkat obligasi senior I Pakuwon, dengan sisa pokok Rp 38,5 miliar juga diturunkan ke C (idn) dari sebelumnya CC (idn).

Direktur Utama Fitch Ratings Indonesia Baradita Katoppo dalam penjelasan tertulis yang dipublikasikan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Jumat 23 Oktober 2009 mengatakan, Fitch tidak memberikan prospek untuk peringkat tersebut karena melihat tingginya risiko kredit seiring dengan peringkat C (idn) itu.

Sebelumnya, Pakuwon Jati Finance BV, anak perusahaan Pakuwon Jati berencana menawarkan penukaran obligasi lama yang terutang dengan uang tunai untuk maksimum 60 persen dari nilai pokok obligasi.

Penawaran penukaran juga dilakukan dengan obligasi baru yang akan jatuh tempo 2015, yaitu sekitar 40 persen dari nilai pokok obligasi lama.

Direktur Pakuwon Jati Omar Ishananto dalam penjelasan tertulis yang dipublikasikan BEI, Selasa 20 Oktober 2009 mengatakan, pada 2006, berdasarkan indenture 16 November 2006, Pakuwon Jati Finance BV menerbitkan obligasi US$ 110 juta yang akan jatuh tempo 2011.

"Penawaran penukaran ini hanya dilakukan terbatas kepada pemegang obligasi lama tertentu," kata Omar.

Seiring rencana tersebut, Pakuwon Jati Finance BV pada 20 Oktober 2009 telah mengundang para pemegang obligasi lama.

Perusahaan meminta pemegang obligasi lama berpartisipasi dalam permohonan persetujuan terhadap perubahan dan pengesampingan (waiver) atas ketentuan tertentu obligasi lama dan indenture 2006.

Menurut dia, penawaran penukaran dan permohonan persetujuan hanya akan dilaksanakan bila pemegang obligasi lama yang memiliki sedikitnya mayoritas jumlah pokok obligasi lama menyetujui perubahan dan pengesampingan ketentuan tertentu.

Selain itu, pemegang obligasi lama yang memiliki sekurang-kurangnya 75 persen jumlah pokok obligasi lama berpartisipasi dalam penawaran penukaran.

Obligasi baru yang direncanakan diterbitkan oleh Pakuwon Jati Finance BV itu dijamin dengan jaminan perusahaan dan PT Artisan Wahyu, anak perusahaan perseroan.

arinto.wibowo@vivanews.com

Jadwal SIM Keliling Jakarta, Bogor, Bekasi, Bandung Kamis 25 April 2024
Ilustrasi kiamat.

Terkuak 5 Kejadian yang Terjadi di Dunia Dikaitkan Ketakutan soal Kiamat

 Kiamat merupakan peristiwa hancurnya kehidupan alam semesta. Kiamat adalah sesuatu yang diyakini dan disepakati oleh ilmu pengetahuan maupun agama. Tak ada satupun tahu

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024