Jokowi Janji Resmikan Bank Wakaf Meski hanya Ruangan Kecil

Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Rahmat

VIVA – Presiden RI Joko Widodo berjanji untuk hadir meresmikan Bank Wakaf Mikro yang merupakan bentuk Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) hasil bentukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS), juga pesantren.

Mendag Lutfi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terpopuler oleh Warganet

Mantan Gubernur DKI ini berjanji melakukan peresmian secara langsung sekali pun bank itu hanya berkantor di ruangan kecil di pondok-pondok pesantren.

"Saya sampaikan kepada Pak Wimboh (Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso), saya ingin buka, meski pun kantornya hanya 5 x 5 meter, tidak apa-apa, saya datang. Waktu di Cirebon saya datang. Dan nanti setelah ini akan dibuka lagi di lingkungan pesantren, bank wakaf mikro yang akan memberikan kredit kepada usaha-usaha kecil, usaha-usaha mikro," ujar Jokowi dalam Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan di Hotel Ritz-Carlton, Jakarta Selatan, Kamis, 18 Januari 2018.

Menteri LHK: Pembangunan Tak Boleh Terhenti Atas Nama Deforestasi

Jokowi meyakini Bank Wakaf Mikro adalah solusi untuk mendorong perekonomian nasional dari tingkatan paling bawah di masyarakat. Bank Wakaf Mikro sendiri mengumpulkan dana donasi, ditambah subsidi, yang selanjutnya disimpan sebagian sebagai deposito di bank syariah.

Sisanya, dana bisa dipinjamkan kepada masyarakat dengan ditambah biaya administrasi yang besarannya hanya tiga persen. Jokowi menyampaikan, mekanisme inovatif ini diharapkan memudahkan pembiayaan usaha-usaha mikro, kecil, dan menengah di masyarakat.

Menko Luhut Ingatkan Visi Poros Maritim Dunia Harus Terealisasi

"Bank Wakaf Mikro akan terus kita buka. Usaha-usaha mikro, usaha-usaha kecil, harus kita perhatikan kalau kita ingin ketimpangan di negara kita ini semakin menyempit," ujar Jokowi.

Kantor BNI di London, Inggris

Topang Pertumbuhan Kredit, BNI Catat DPK Rp729,17 T pada 2021

BNI mencatat, penghimpunan DPK ini memang terpantau menguat di kuartal IV-2021. Meskipun suku bunga simpanan terus menurun.

img_title
VIVA.co.id
26 Januari 2022