Logo ABC

Cara Australia Kurangi Penggunaan Plastik

Rubbish found inside whale
Rubbish found inside whale
Sumber :
  • abc

Terhitung mulai 1 Juli 2018, negara bagian Queensland dan Australia Barat akan melarang kantong plastik sekali pakai dari supermarket, mengikuti jejak negara bagian ibukota Canberra (ACT), Australia Selatan dan Tasmania.

Sementara Victoria pada Oktober 2017 juga sudah mengumumkan rencana melarang sebagian besar kantong plastik tahun ini, sehingga tinggal New South Wales dengan ibukotanya Sydney yang belum mengikuti.

Sejumlah supermarket telah menerapkan larangan ini.

Di samping itu muncul gerakan masyarakat melarang sedotan plastik. Kini hampir 100 tempat di seluruh Australia telah menghentikan sedotan ini melalui kampanye The Last Straw.

Apa sebenarnya tujuan larangan penggunaan plastik dan apa manfaatnya bagi lingkungan?

Tas plastik tebal lebih buruk? An assortment of plastic rubbish, including bags and wrappers, laid out on the ground. Photo: Kantong plastik yang ditemukan di perut ikan paus yang terdampar di Spanyol. (Twitter: Espacios Naturales Murcia)

Larangan penggunaan kantong plastik hanya ditujukan untuk yang sekali pakai, yang lebih tipis dari 35 mikron atau 0,035 milimeter.

Kantong plastik jenis ini dikenal sebagai polyethylene berdensitas tinggi atau kantong HDPE.

Supermarket Woolworths tercatat mengeluarkan lebih dari 3,2 miliar kantong plastik HDPE setiap tahun. Menurut penelitian tahun 2009, sekitar 1 persen di antaranya atau 30 hingga 40 juta kantong plastik terbuang ke alam.