Korut Mau Hapus Program Nuklir Tanpa Syarat

Program Senjata Nuklir Korut Kim Jong Un
Sumber :
  • REUTERS

VIVA – Presiden Korea Selatan, Moon Jae In, mengatakan Korea Utara telah mengungkapkan komitmennya untuk menghapus program nuklir dari Semenanjung Korea, tanpa syarat.

Kim Jong Un Dikabarkan Punya Selingkuhan Seorang Penyanyi, Hingga Punya Anak Bersama

Namun, pihak Amerika Serikat mengatakan, akan tetap waspada dan mempertahankan tekanan maksimum terhadap Pyongyang.

Menurut Moon, kesepakatan tentang denuklirisasi yang membangun perdamaian dan normalisasi hubungan, seharusnya tidak sulit dicapai melalui Pertemuan Tingkat Tinggi Korut-Korsel minggu depan.

Deretan Aturan Nyeleneh yang Mengatur Kehidupan Korea Utara di Era Kim Jong Un

Pertemuan ini juga akan berdampak pada pertemuan Kim Jong Un dan Donald Trump di kemudian hari.

"Denuklirisasi memiliki makna yang sama untuk Selatan dan Utara. Korea Utara juga telah mengekspresikan kemauan untuk menghapus nuklir secara penuh," kata Moon.

5 Negara dengan Militer Aktif Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia?

"Mereka belum membuat syarat apapun yang tak disetujui AS, seperti penarikan pasukan dari Korea Selatan. Semua pembicaraan adalah untuk mengakhiri permusuhan, yang diikuti dengan jaminan keamanan," ujarnya, seperti dilansir Channel News Asia.

Beberapa waktu lalu, Donald Trump mengatakan berencana untuk bertemu dengan Kim Jong Un akhir Mei atau awal Juni. Pertemuan yang belum pernah terjadi sebelumnya ini bertujuan untuk membujuk Korut melepaskan senjata nuklirnya.

Ilustrasi agama di dunia

Deretan Negara Paling Tak Percaya Tuhan di Dunia, Mayoritas di Benua Asia!

Ateisme secara umum merujuk pada ketidakpercayaan terhadap keberadaan Tuhan, dan seseorang yang menganut pandangan ini disebut sebagai ateis. Di Indonesia, hal itu tabu

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024