Polisi Selidiki Kebenaran Surat Kabar ISIS Bahasa Indonesia

ISIS
Sumber :
  • REUTERS

VIVA – Polisi akan menelusuri soal surat kabar bernama Al Fatihin yang disebut sebagai media cetak berbahasa Indonesia dan Melayu yang diduga dikeluarkan kelompok radikal.

Fakta Terbaru Serangan Mematikan di Moskow Rusia, Ternyata Iran Sudah Lakukan Ini

"Akan didalami," kata Kepala bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Argo Yuwono di Polda Metro Jaya, Kamis, 17 Mei 2018.

Disampaikannya, polisi belum bisa berbicara banyak soal Al Fatihin. Apalagi belum dipastikan pencetak dan area peredaran surat kabar itu ISIS itu.  

Ada Unsur Balas Dendam, Ini Deretan Alasan Rusia Jadi Terget Serangan ISIS

"Masih kami selidiki," kata dia lagi.

Sebelumnya diberitakan, kelompok ekstremis ISIS ternyata telah menerbitkan media cetak berbahasa Indonesia atau Melayu untuk meningkatkan daya tarik bagi jihadis yang berasal dari kawasan Asia Tenggara. Surat kabar bernama Al-Fatihin yang dalam bahasa Arab berarti 'Para Penakluk' disebut diluncurkan sejak 20 Juni 2016 dengan slogan "Surat kabar untuk Migran Berbahasa Melayu di Negara Islam".

Kemarin Gamblang, Kini Rusia Secara Resmi Salahkan Ukraina atas Serangan Terorisme di Moskow

Surat kabar tersebut berisi artikel yang menuliskan kabar terbaru dari Irak dan Suriah yang ditulis dalam bahasa Indonesia sehingga bisa dipahami oleh banyak penutur bahasa Melayu di Asia Tenggara. Selain memberi informasi kepada anggota ISIS, Al-Fatihin juga disebut berusaha menargetkan para pendukungnya di Malaysia, Indonesia, Brunei, Singapura, Thailand Selatan dan Filipina Selatan.

Presiden Iran, Ebrahim Raisi

Iran Tangkap Anggota Senior ISIS yang Berencana Ledakkan Kota saat Idul Fitri

Republik Islam Iran mengatakan bahwa pihaknya telah menangkap anggota kelompok terorisme Islamic State atau ISIS yang merencanakan serangan di negara tersebut.

img_title
VIVA.co.id
8 April 2024