Logo BBC

Australia Bangun Pagar Anti-Kucing Terpanjang Dunia

Pembangunan pagar tahap pertama menghabiskan biaya sekitar A$5 juta (Rp 50 miliar) - WAYNE LAWLER/AUSTRALIAN WILDLIFE CONSERVANCY
Pembangunan pagar tahap pertama menghabiskan biaya sekitar A$5 juta (Rp 50 miliar) - WAYNE LAWLER/AUSTRALIAN WILDLIFE CONSERVANCY
Sumber :
  • bbc

Kucing liar merupakan ancaman besar bagi hewan-hewan asli di Australia, namun sebuah wilayah di Australia ingin menghentikan ulah mereka ini dengan secara fisik menghadang mereka.

Pagar antikucing terpanjang di dunia telah dibangun di bagian tengah Australia untuk membantu membawa spesies-spesies yang terancam punah kembali ke kawasan tersebut.

Pagar listrik sepanjang 44 km melindungi kawasan suaka satwa liar, dan akan mencegah masuknya hama kucing, rubah dan kelinci.

Ini merupakan bagian dari upaya `meliarkan kembali` alam di sana untuk meningkatkan populasi satwa asli.

Hewan seperti mala, sejenis walabi kecil, akan diliarkan kembali ke zona bebas kucing seluas 9.400 hektare di suaka satwa liar Newhaven, 350 km barat laut Alice Springs.

"Di area itu terdapat sekitar 50 atau 60 kucing liar, dan mereka memangsa lebih dari 70.000 hewan asli di sana sepanjang tahun," kata kepala eksekutif suaka itu, Atticus Fleming kepada BBC.

"Pagar ini merupakan salah satu infrastruktur konservasi terpenting di Australia."